_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"www.pramborsfm.com","urls":{"Home":"http://www.pramborsfm.com","Category":"","Archive":"http://www.pramborsfm.com/2015/03/","Post":"http://www.pramborsfm.com/test-bakat/","Page":"http://www.pramborsfm.com/konser-bintang-jatuh-bangkok-adventure/","Attachment":"http://www.pramborsfm.com/news/ed-sheeran-umumkan-tur-album-divide-mulai-maret/ed-sheeran-new-album-divide-1484220075-herowidev4-0/","Nav_menu_item":"http://www.pramborsfm.com/5761/","Charts":"http://www.pramborsfm.com/charts/total-ape/","Concert-and-event":"http://www.pramborsfm.com/concert-and-event/gadis-sampul-2016/","Bubbling-up":"http://www.pramborsfm.com/bubbling-up/bruno-mars-versace-on-the-floor/","Sudut-dengar":"http://www.pramborsfm.com/sudut-dengar/rendy-pandugo-i-dont-care-i-just-want-to-make-music/","Dj":"http://www.pramborsfm.com/dj/ilham-ramdana/","Stations":"http://www.pramborsfm.com/stations/89-3-fm-prambors-surabaya/","Programs":"http://www.pramborsfm.com/programs/night-shift/","News":"http://www.pramborsfm.com/news/ed-sheeran-umumkan-tur-album-divide-mulai-maret/","Meme":"http://www.pramborsfm.com/meme/gina/","Music-programs":"http://www.pramborsfm.com/music-programs/mixnite-with-angger-dimas/","Wpcf7_contact_form":"http://www.pramborsfm.com/?post_type=wpcf7_contact_form&p=2798","Ml-slider":"http://www.pramborsfm.com/?post_type=ml-slider&p=5344"}}_ap_ufee
sunset trip 728 x 90 px

SUDUT DENGAR

Bara Suara – Taifun | Ketika Magis Dan Ketrampilan Bersatu

Thursday, 4 February 2016 12:38 WIB | OLEH:admin

Perjalanan sampai album pertama dari Barasuara, yang diberi judul Taifun, didengar di kuping seperti memang sudah ditakdirkan. Kenyataannya, saya tidak tahu siapa Iga Massardi play maker di band ini yang sebelumnya pernah menjadi anggota The Trees And The Wild. Kenyataannya saya tidak tahu album Taifun diramu dan dimasak selama tiga tahun sampai akhirnya bisa dirilis. Kenyataannya saya tidak tahu dan tidak pernah dengar siapa itu Barasuara.

Di suatu akhir pekan, waktu rutin saya untuk menengok apa saja album terbaru di layanan streaming musik, sampul depan album Taifun berada di baris teratas. Saya sama sekali tidak mempedulikanya. Seperti ajakan malaikat untuk berbuat baik, ada rasa tertarik untuk mengkliknya, tapi iblis dengan suara yang lebih menggoda mengarahkan jari untuk mengklik yang lain. Hari itu sampai minggu berikutnya, Barasuara terlewatkan.

Malaikat itu lewat lagi minggu depannya. Saya cek rilisan minggu lalu, sampul album Taifun terpampang lagi. Iblis berceloteh, tidak hanya di telinga saja tapi sampai masuk ke urat nadi. Katanya, “Kelihatannya tidak menjanjikan. Jangan-jangan ini invasi berikutnya dari pop melayu yang mendayu-dayu.” Sekali lagi saya tidak menyentuhnya.

Untungnya malaikat tidak pernah menyerah untuk menuntun kepada kebaikan. Beberapa hari kemudian saya melihat salah satu orang yang saya ikuti sudah mendengarkan Barasuara. Dan di saat iblis lengah, saya klik album Taifun. Iblis terbirit-birit langsung bertindak paksa, dalam 30 detik saya pindah ke album lain. Kerusakan sudah terjadi, dalam 30 detik itu rahang saya menganga. Wow!

Langkah berikutnya adalah mengunduh satu album penuh ke dalam telepon genggam. Sampai sekarang, album ini termasuk dalam yang sering diputar dan belum juga saya hapus.

Dari trek pertama saja saya sudah merasakan energinya. Musikalitas di Nyala Suara begitu meluap-luap. Pakem lagu rakyat – kalau saya boleh menterjemahkan folk song – dipompa dengan suara gitar yang riffnya diulang-ulang tanpa menjadi membosankan. Hampir di penghujung lagu, segalanya berhenti sejenak untuk kemudian masuk ke dalam chorus yang membahana. Hati saya mencelos untuk kemudian diledakkan.

Nomor Bahas Suara juga salah satu mahakarya. Lagu ini lebih banyak melakukan pengaturan vokal sehingga mencapai dinamika dan hidup. Kalau nomor ini diangkat ke panggung teater untuk dinyanyikan oleh segerombolan pemainnya, adegan yang ditampilkan akan semakin epik.

Trek Api & Lentera menjadi lagu yang paling rock. Iga Massardi yang juga memainkan gitar selain berfungsi sebagai vokalis utama, menambah alokasi suara gitarnya. Sedangkan Menunggang Badai adalah Nyala Suara yang dimainkan dengan cara yang berbeda. Ini seperti yang dilakukan oleh band progresif rock dalam membuat album konsep. Terdapat nada-nada yang diulang di lagu yang lain dengan cara yang tidak sama. Apalagi di trek Api & Lentera sempat sedikit muncul rasa Genesis masa awal yang tipis.

Mendengarkan dari awal sampai akhir, album ini adalah hasil dari mengumpulkan materi dalam waktu lama dan menjalinnya dalam harmoni. Elemen-elemen di dalamnya tidak dipaksa ditempel karena sudah cukup keren. Ketrampilan berkomposisi membuat lapisan-lapisan yang muncul berjalan secara mulus. Entah apa yang merasuki mereka saat memainkan instrumen dan bernyanyi – apalagi vokal Iga Massardi bukanlah termasuk yang bersuara bagus – terdapat tiupan magis yang menyelimuti. Ketika magis dan ketrampilan bertemu, di ujungnya ketika keduanya bertemu, yang terjadi adalah ledakan kepuasan.

 

source : http://sudutdengar.com/


COMMENT


'