10 Film Inspiratif Berdasar Kisah Nyata untuk Mengisi Waktu Selama Pandemi, Bagian 1

Kawula Muda, buat kalian yang lagi bete dan punya waktu, coba deh tonton film-film keren ini.

Salah satu film inspiratif, The Theory of Everything. (INSTAGRAM)
Thu, 25 Jun 2020

Punya banyak waktu, tetapi otak serasa buntu. Lebih miris lagi, hampir separuh 2020 ini terlewati dan beberapa agenda penting belum juga terselesaikan. Menonton film bisa jadi teman sementara. Siapa tahu setelah itu kita justru terinspirasi buat melakukan sesuatu.

Ini ada 10 film inspiratif yang dibuat berdasarkan kisah nyata atau buku, yang bisa kita jadikan referensi untuk mengisi waktu.

1. Becoming (2020)

Film ini diluncurkan Netflix pada Mei 2020. Kisahnya diadopsi dari buku Michelle Obama, mantan ibu negara Amerika Serikat, tepatnya istri dari Barrack Obama, yang menjadi presiden selama periode 2009-2017.

Film ini berisi kupasan mendalam berbagai pengalaman Michelle, termasuk hasil dari tur ke 34 negara bagian. Penelope Mitchell dipilih sebagai bintang utama film berdurai 89 menit arahan sutradara Nadia Hallgren itu.

2. Lion (2016)

Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata Saroo (5 tahun), yang tersesat di kereta dengan tujuan salah di India. Ia diadopsi sebuah keluarga Australia. Pergulatan selama 25 tahun untuk menemukan keluarga asli menjadi konsumsi yang sangat inspritatif dan menyentuh hati.

3. Hidden Figures (2016)

Film ini bercerita tentang perjuangan tiga wanita kulit hitam di AS yang berhasil bekerja di NASA. Mary Jackson (Janelle Monae), ahli teknik, harus menjalani pendidikan tinggi bagi kulit putih. Itu bukan lantaran kemampuannya bermasalah, melainkan karena ia berjenis kelamin perempuan, berkulit hitam pula.

Ada semacam penolakan. Di NASA, ia digolongkan dalam kelompok kulit berwarna. Jackson dan kawan-kawannya juga harus berjuang keras demi meraih jabatan.

4. Wild (2014)

Ibunya meninggal, pernikahannya pun kandas. Cherry Strayed butuh suasana baru buat melupakan stresnya. Ia punya ide mengembara ke jalur dakian Pacific Crest Trail.  Semangat perempuan yang diperankan Reese Whiterspoon ini terbakar justru lantaran ia tak mengenal area itu.

Butuh waktu tiga bulan bagi Strayed untuk menuntaskan jalur sejauh 1.500 km itu. Tetapi, ia sukses. Begitu juga secara kejiwaan, hidupnya terbangun lagi. Banyak pelajaran yang bisa ditarik dari film yang disadur dari pengalaman Strayed ini.

5. The Theory of Everything (2014)  

Penghayatan Eddy Redmayne menjadi salah satu daya tarik film ini. Ia pun menggondol Best Actor versi Academy Award (Oscar). Ada juga penghargaan lain, di antaranya dua Golden Globe dan tiga dari British Academy Film.

Film ini tentang kehidupan fisikawan Stephen Hawking. Akibat jatuh, ia mengalami motor neuron desease yang merusak pergerakan ototnya, tetapi tidak fungsi otaknya.

Kehidupan yang diwarnai kisah cinta Hawking dan ketulusan pacar yang kemudian menjadi istrinya, beserta segala teori hebatnya, menjadikan film ini sangat menyenangkan untuk ditonton.

Itu dia lima judul film inspiratif yang laya kita tonoton. Dari kisah dalam film-film itu, mungkin kita bisa mendaur ulang mood, sehingga bisa produktif lagi. Lima film lagi akan hadir dalam artikel berikutnya ya.

Berita Lainnya