5 Film Wajib Tonton Buat yang Mengaku Trader

Kawula Muda, ini bisa jadi hiburan buat kamu sambil hitung cuan!

5 film wajib tema trading/idntimes.com
Mon, 27 Sep 2021

Saat ini banyak kaum milenial alias kaum muda yang terjun ke dalam trading atau jual beli saham, trading forex, atau perdagangan mata uang kripto. Nah, buat yang mengaku trader, simak deretan film bertema trading berikut ini ya! Selain buat hiburan di kala senggang, rekomendasi ini sekaligus bisa jadi insprasi dan bahan belajar!

1. Margin Call ( 2011)

Film yang disutradarai JC Chandor ini bercerita tentang krisis keuangan di Amerika pada 2008. Eric Dale (Stanley Tucci) kepala divisi analis risiko yang kena PHK menitipkan sisa pekerjaan pada Peter Sullivan (Zachary Quinto) dalam flashdisk.

Kepo dengan isi flashdisk, ternyata Peter menemukan fakta mengejutkan bahwa perusahaannya akan bangkrut dalam 24 jam.

2. Wallstreet (1987)

Film besutan Oliver Stone ini berkisah tentang Bud Fox (Charlie Sheen) pialang muda ambisius yang ingin sukses di Wall Street. Bud terlibat aktivitas insider trading alias memasok rahasia perusahaan Bluestar tempat ayahnya bekerja kepada Gekko Gordon, seorang investor besar.

Bud yang awalnya berteman dengan Gekko akhirnya menjadi musuh. Keserakahan Gekko membuat dia ingin mendapat keuntungan secara cepat dengan mengorbankan perusahaan ayah Bud. Merasa tak terima, Bud pun membalas aksi Gekko tanpa sepengetahuannya. Bud menggunakan beberapa intrik yang dipelajari dari Gekko untuk mendapatkan perusahaan ayahnya kembali.

3. Rogue Trader ( 1999)

Diangkat dari kisah nyata Nick Leeson (Ewan McGregor) trader di salah satu bank tertua di Inggris, Baring Banks. Sukses berkarier di kantor cabang Jakarta, Nick diangkat menjadi GM Trader Floor di SIMEX Singapura.

Nick melakukan praktik kecurangan cross trade yaitu transaksi jual beli yang dilakukan satu pihak. Nick membuka beberapa akun untuk melakukan transaksi.  Aktivitas trading Nick  membuat Barings Banks bangkrut dan rugi 1,4 milyar dolar AS.

4. The Wolf Of Wall Street (2013)

Film garapan Martin Scorsese ini mengangkat kisah nyata pialang saham, Jordan Belfort (Leonardo DiCaprio). Di awal karier Jordan bekerja di broker LF Rotschild di bawah bimbingan Mark Hanna (Matthew McConaughey). Karena krisis ekonomi Jordan dipecat dan pindah ke Long Island.

Di kota kecil itu ia harus bekerja di sebuah broker kecil dan menjual penny stock alias saham sampah. Namun, di sinilah hoki Jordan bermula. Dengan menggunakan taktik licik, ia sukses dan berhasil kembali ke wall street lewat perusahaannya, Stratton Oakmont.

5. The Big Short (2015)

Berlatar krisis keuangan Amerika 2008, seorang analis keuangan Dr. Michael Burry (Christian Bale) percaya bahwa produk Subprime Mortgage (semacam KPR) yang digagas pemerintah Amerika akan gagal karena bakal banyak kredit macet.

Tapi, ia justru melihat peluang dan meminta lembaga pemberi kredit agar mengeluarkan credit default swap, semacam asuransi terhadap hutang jika KPR  gagal bayar. Ide gila ini membuat dirinya dan beberapa orang menjadi kaya raya.

Berita Lainnya