Brad Pitt Ajukan Sistem Juri untuk Persidangannya dengan Angelina Jolie

Apakah efek Johnny-Amber?

Angelina Jolie dan Brad Pitt. (Dok. AP)
Thu, 09 Jun 2022


Masyarakat dunia sepertinya akan memiliki satu tambahan tontonan persidangan. Hal itu dikarenakan Brad Pitt kini meminta proses pengadilan dengan mantan istrinya, Angelina Jolie, dilakukan dengan sistem juri.

Hal itu terkait dengan tuduhan penjualan setengah dari Chateau Miraval oleh Angelina Jolie tanpa sepengetahuan Pitt. Adapun Chateau Miraval adalah sebuah kebun anggur seluas 1.000 hektar di Prancis Selatan. 

via GIPHY

Padahal, mantan pasangan tersebut pernah sepakat untuk tidak akan pernah menjual kebun tersebut tanpa persetujuan dari kedua belah pihak.

Hal itu diketahui setelah The Post mengungkap adanya perubahan dokumen pengadilan. Perubahan tersebut diubah oleh Pitt pada Jumat (03/06/2022) lalu di Pengadilan Tinggi California. 

Pitt pun mengklaim bahwa Jolie telah merusak reputasi bisnis anggurnya dengan menjual saham kepada orang asing. Selain itu, ia juga menambahkan bahwa Jolie berusaha untuk menyakiti dirinya sendiri.

Apa itu pengadilan Sistem Juri?

Ilustrasi hukum (UNSPLASH/TIngey Injury)

 

Pengadilan sistem juri atau jury trial adalah sidang yang diputuskan oleh para juri untuk menghakimi seseorang. Adapun sistem tersebut hanya dapat dilakukan oleh negara yang menganut sistem common law, seperti Amerika Serikat. 

Dalam sistem ini, juri biasanya dipilih melalui pendaftaran. Jika juri tersebut memenuhi persyaratan, maka mereka akan mendapat panggilan ke pengadilan. 

Di Amerika, juri yang mengikuti peradilan biasanya berjumlah 12. Kemudian, keputusan yang dihasilkan adalah untuk mencapai mufakat. Apabila tidak mencapainya, maka keputusan dilakukan dengan sistem vonis. 

Adapun sistem juri tersebut juga dipakai dalam pengadilan Johnny Depp dengan mantan istrinya, Amber Heard. Keduanya saling menuntut atas dasar pencemaran nama baik. 

Berita Lainnya