BTS, EXO, dan GOT7 Jadi Nomine di Billboard Music Awards 2020

Kawula Muda, netizen Korea sempat mempertanyakan mengapa BTS hanya masuk dalam 2 kategori penghargaan di BBMA 2020!

GOT7 dan BTS masuk sebagai nomine dalam ajang Billboard Music Awards 2020. (INSTAGRAM)
Wed, 23 Sep 2020

Ajang penghargaan bergengsi, Billboard Music Awards (BBMA), akan kembali digelar pada 14 Oktober 2020.

Tiga boygroup beken asal Korea Selatan, BTS, EXO, dan GOT7, berhasil masuk menjadi nomine dan akan bersaing dengan musisi dunia lainnya.

Pada Selasa (22/9/2020), Billboard Music Awards mengumumkan bahwa BTS menjadi nomine di dua kategori yaitu Top Social Artist dan Top Duo/Group.

Di kategori Top Social Artist, BTS harus bersaing dengan rekan sesama musisi Korea Selatan yaitu EXO dan GOT7. Mereka akan memperebutkan trofi bersama dengan Ariana Grande dan Billie Eilish.


Di kategori Top Duo/Group, BTS harus bersaing dengan Dan + Shay, Jonas Brothers, Maroon 5, dan Panic! at the Disco. Tahun lalu, kategori Top Duo/Group berhasil dimenangi BTS.


Netizen Korea pertanyakan BTS untuk kategori Top Touring Artist

Setelah BBMA mengumumkan siapa saja nomine yang masuk dalam sejumlah kategori penghargaan, netizen Korea banyak yang mempertanyakan perihal tidak masuknya BTS sebagai ke kategori Top Touring Artist.


Netizen juga membandingkan artis lain yang masuk sebagai nomine di kategori tersebut, semuanya berada di jajaran Top 5 Billboards Top 40 tours, kecuali Metallica yang justru berada di peringkat ke-6 dalam daftar tersebut.

Billboard Top 40 tours chart. (KOREABOO)

 

Akhirnya kegelisahan netizen Korea terjawab. Ternyata jawabannya terletak pada periode kelayakan.

Dalam penjelasan BBMA, hanya pertunjukan yang berlangsung antara Maret 2019 hingga Maret 2020, yang dihitung oleh BBMA untuk masuk sebagai nomine tahun ini.

Ini berarti pendapatan BTS dari tur di Jepang, Hongkong, dan Singapura pada 2019, tidak masuk dalam hitungan.

Berita Lainnya