Dianggap Mengedit Foto Saat Demo, Kendall Jenner Tuai Kontroversi

Hai Kawula Muda, dianggap telah mengedit fotonya seolah tengah memegang papan Black Lives Matter saat demo, Kendall Jenner pun dihujat.

Model Amerika Serikat, Kendall Jenner, dituduh mengedit foto saat demo. (TWITTER/KENDALL JENNER)
Tue, 09 Jun 2020

Baru-baru ini, sebuah foto Kendall Jenner tengah ikut bergabung dalam aksi demo atas kematian George Floyd tersebar luas di media sosial. Di foto tersebut, terlihat model 24 tahun yang menggunakan masker hitam itu mengangkat tangannya sambil memegang papan bertuliskan Black Lives Matter.

Namun, publik sadar bahwa foto yang beredar tersebut adalah editan, ketika melihat bayangan di belakang tak sesuai dengan gerakan Kendall.

Alhasil, netizen pun menghujat dan mengatakan bahwa kakak dari Kylie Jenner ini tidak benar-benar mendukung gerakan protes untuk menegakkan keadilan bagi orang kulit hitam.

Mendengar namanya dihujat, perempuan kelahiran Los Angeles ini pun langsung mengklarifikasi apa yang sedang diperbincangkan oleh publik itu.

“Ini hasil editan seseorang. Saya tidak pernah mengunggah ini,” tulis Kendall di akun Twitter @KendallJenner, Sabtu (6/6/2020).

Meski telah diklarifikasi, berita tentang foto editan itu tetap menjadi perbincangan orang banyak.

Karena kontroversi ini, banyak yang mengaitkannya dengan kejadian 2017 saat Kendall mengiklankan minuman bersoda. Dalam iklan tersebut, Kendall beradegan meninggalkan pemotretan dan kemudian ikut turun ke sebuah demo.

Namun, sebelum mengikuti demo, ia terlihat mengambl botol minuman lalu memberikannya ke polisi berkulit putih. “Hidup lebih berani. Hidup lebih keras. Hidup untuk saat ini,” begitu slogan iklan tersebut.

Jika melihat linimasa Instagram Kendall Jenner, ia termasuk aktif menyuarakan pendapatnya terkait kematian George. Kendall kerap mengunggah berbagai foto yang menunjukkan aksi protes.

Ia mengaku tidak pernah mau hidup dalam rasa takut dan tidak aman. Bahkan, ia juga mengaku sangat marah dan terluka melihat perlakukan rasisme terhadap orang kulit hitam.

“Secera pribadi saya tidak akan pernah bisa mengerti ketakutan dan kesakitan yang dialami warga kulit hitam setiap harinya, tetapi saya tahu bahwa tidak boleh ada orang yang hidup dalam ketakutan terus menerus. Saya sadar keuntungan yang saya dapatkan sebagai warga kulit putih, dan saya akan terus berusaha untuk belajar bagaimana bisa membantu,” tulis Kendali di Instagram @kendalljenner, Selasa (2/6/2020).

Ia juga mengatakan, bahwa mengamuk di media sosial saja tidaklah cukup. Dibutuhkan tindakan nyata agar permasalahan ini selesai. Kendall Jenner juga mengingatkan, bahwa masyarakat harus ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum.

Berita Lainnya