Dituding Rasis, Jimmy Fallon Minta Maaf

Kawula Muda, baru-baru ini muncul seruan boikot Jimmy Fallon, ada apa ya?

Presenter The Tonight Show, Jimmy Fallon. (INSTAGRAM/JIMMY FALLON)
Wed, 27 May 2020

Presenter kenamaan Amerika Serikat, Jimmy Fallon, dan acara talkshow yang dipandunya The Tonight Show terancam diboikot netizen.

Hal ini terjadi setelah muncul sebuah tayangan video lama Saturday Night Live (SNL) di mana Jimmy Fallon tampil menirukan komedian Chris Rock. Dalam video itu, pria asal New York ini tampil dengan makeup hitam di bagian wajahnya.

Netizen menganggap hal tersebut sebagai tindakan rasis. Mereka lantas meluapkan kekecewaan dengan seruan untuk memboikot Jimmy dan The Tonight Show.

 

Namun, tak semua netizen setuju dengan ajakan boikot itu karena video tersebut dibuat 20 tahun lalu. Selain itu, banyak pula netizen yang membandingkan aksi Jimmy Fallon dengan komedian lainnya, seperti Jimmy Kimmel, yang pernah melakukan hal serupa.

Melalui akun Twitternya, Jimmy Fallon menyampaikan permintaan maaf kepada netizen dan para penggemar atas tudingan rasis karena video lamanya tersebut.

"Pada 2000, saat di SNL, saya membuat keputusan yang buruk untuk tampil menirukan Chris Rock dengan riasan blackface. Tak ada alasan untuk hal ini. Saya menyesal dan meminta maaf atas hal ini dan terima kasih epada kalian yang tetap mendukung saya," tulis Jimmy.

Jimmy Fallon dan Chris Rock sama-sama pernah menjadi bintang di SNL. Chris tampil sejak 1990 hingga 1993, sementara Jimmy pada 1998 hingga 2004.

Pada 2000, Jimmy tampil menirukan Chris Rock di SNL yang dipandu oleh Darrel Hammond yang juga menirukan presenter kawakan Regis Philbin. Sebenarnya video tersebut tidak tayang di website NBC maupun SNL, namun tiba-tiba saja menjadi viral karena seseorang netizen mengunggahnya.

Ini bukan kali pertama pria kelahiran 19 September 1974 itu menirukan Chris Rock. Ia sudah pernah melakukannya pada ajang Golden Globes 2017.

Ia membuat lelucon mengenai atlet football Amerika, OJ Simpson, dengan gaya sedikit mabuk. Karena tidak dianggap lucu oleh para penonton yang hadir, Jimmy tak lagi diundang sebagai presenter di acara bergengsi tersebut.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya