Jennifer Hudson Perankan Aretha Franklin dalam Film Terbarunya, Respect

Kawula Muda, penyanyi sekaligus pemenang Oscar, Jennifer Hudson, bercerita tentang kesannya saat memerankan sang idola dalam film terbarunya.

Jennifer Hudson perankan Aretha Franklin dalam film RESPECT. (INSTAGRAM/RESPECT)
Thu, 02 Jul 2020

Tak banyak aktor atau aktris yang dipilih sendiri oleh seorang legendaris untuk memerankannya dalam sebuah film biopik. Keberuntungan tampaknya tengah menghampiri aktris sekaligus penyanyi, Jennifer Hudson.

Penyanyi berusia 38 tahun tersebut sangat beruntung karena dipilih sendiri oleh musisi legendaris, Aretha Franklin, untuk memerankan dirinya dalam film biopik bertajuk Respect.

Dilansir dari People, bagi Jennifer, dapat memerankan sosok Aretha Franklin seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Pemenang Oscar tersebut mengaku sangat mengidolakan sosok musisi yang dijuluki Queen of Soul tersebut.

“Pada April 2003, saya sempat menjadi penyanyi pembuka dalam konsernya di Merrillville, Indiana. Saat itu, sebelum adanya film Dreamgirls, sebelum saya bermimpi untuk memerankan dirinya (Aretha Franklin). Sejak saat itu, saya sering kali membawakan lagu tribute untuknya. Setiap kali membawakan lagunya, rasanya seperti baru pertama kali,” tutur Jennifer kepada People.

Demi dapat memerankan dengan baik sosok Aretha Franklin, Jennifer pun mengambil kelas piano.

“Aretha membuat saya kembali ke sekolah musik. Film ini telah membuat saya lebih bersemangat lagi untuk mempelajari instrumen musik dan mengekspresikan diri secara musikal,” ujar Jennifer.

Kepiawaian Jennifer dalam memainkan tuts-tuts piano ditunjukkannya saat tampil dalam acara BET Awards ke-40, Minggu (28/6/2020). Saat itu, Jennifer tampil memukau dengan menyanyikan salah satu lagu Aretha bertajuk Young, Gifted and Black, sambil memainkan piano.

Kerja keras Jennifer dalam film Respect pun mendapat pujian dari sang sutradara, Liesl Tommy.

“Jennifer mungkin salah satu orang paling berbakat yang pernah bekerja dengan saya,” kata Liesl.

Selain Jennifer Hudson, film ini juga dibintangi oleh Forest Whitaker, Audra McDonald, Saycon Sengbloh, Halley Kilgore, Brenda Nicole Moorer, dan Marlon Wayans.

Respect merupakan film biopik yang mengisahkan perjalanan hidup Aretha Franklin, dari seorang penyanyi gereja hingga menjadi sosok musisi legendaris sepanjang masa.

Penyanyi, pengarang lagu, dan pianis asal Amerika Serikat tersebut meninggal di usia 76 tahun, pada 16 Agustus 2018 akibat penyakit kanker pankreas. Sebelum meninggal, Aretha sempat terlibat dalam produksi film Respect.

Sepanjang kariernya, Aretha telah memenangi 18 Grammy Awards dan merupakan salah satu penyanyi terlaris sepanjang masa, dengan angka penjualan mencapai 75 juta keping di seluruh dunia.

Film Respect semula dijadwalkan akan dirilis pada Agustus 2020. Namun, karena adanya pandemi virus corona, jadwal rilis harus ditunda menjadi Desember 2020.

Berita Lainnya