Just Sam, Penyanyi Subway Juara American Idol

Kawula Muda, ini dia juara American Idol yang baru.

Just Sam juara American Idol ke-18. (INSTAGRAM)
Tue, 19 May 2020

“Mimpi yang menjadi kenyataan, dan semua terbayar.” Kalimat itu mengalir dari mulut Just Sam usai dinobatkan sebagai juara American Idol ke-18, Minggu (17/5/2020) waktu setempat.

Pemilik nama lengkap Samantha Diaz ini berhasil mengalahkan Arthur Gunn di malam final, setelah menyingkirkan Dillon James, Francisco Martin, dan Jonny West pada malam sebelumnya.

Torehan ini tak pernah disangka perempuan berusia 21 tahun tersebut. Apalagi selama ini dia hanya menyanyi di kereta bawah tanah atau subway New York City.

“Dari awal, saya sama sekali tidak menyangka. Sama sekali tidak, sama sekali,” ucapnya kepada Billboard.

Kehidupan yang keras sejak kecil memaksa gadis asal Harlem, New York, ini menjajakan suara di kereta bawah tanah.

Tujuannya demi membantu sang nenek yang membesarkan dia dan adik perempuannya, setelah kedua orang tuanya tak mampu merawat mereka berdua, terutama sang ibu yang kini mendekam di penjara.

Setiap pulang sekolah, Sam meluangkan waktu untuk bernyanyi dan bergaul dengan para pengamen lainnya.

Sam berhasil lolos ke American Idol setelah tampil memukau saat audisi, meski tak kuasa menahan tangis dan harus mengulang lagu hingga dua kali. Dia menyanyikan You Say milik Lauren Daigle.

Di malam final, gadis bertato itu kembali menyanyikan lagu yang sama, duet bersama penyanyi aslinya, setelah sebelumnya mengentak dengan lagu Rise Up.

Sedih bagi Sam, kemenangannya tak bisa dibagi dengan keluarga karena sang ibu masih mendekam di penjara, sang nenek tinggal di New York, sementara sejak menjadi kontestan dia harus pindah ke Los Angeles.

“Ini sangat berat. Saya tahu, saya tahu bukan saya seorang yang bearada dalam keadaan sendiri saat ini. Tetapi, menghadapi kompetisi sendirian, itu sangat berat,” katanya dalam wawancara dengan ABC.

Bagi Sam, kemenangan ini sekaligus menjadi pembuktian untuk neneknya yang selalu meragukan mimpi besar gadis sepertinya.

“Nenek saya selalu mengatakan dia tak percaya kalau orang seperti kami bisa mewujudkan mimpi. Ini bukti untuk dia,” kata Sam.

Meski begitu, Sam yang tomboi dan tak mau disebut perempuan atau laki-laki ini sangat menyayangi sang nenek. “Dia selalu memastikan kami bisa makan, tidak kehujanan, dan selalu memastikan kami memiliki pakaian,” ucap Sam.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya