Kisah Bu Tejo dalam Film “Tilik” yang Jadi Trending

Kawula Muda, siapa sih Bu Tejo yang tiba-tiba saja masuk dalam trending topic Twitter?

Film pendek "Tilik" yang diproduksi pada 2018. (INSTAGRAM/RAVACANA FILMS)
Thu, 20 Aug 2020

Nama “Bu Tejo” tiba-tiba saja masuk dalam trending topic Twitter pada Rabu (19/8/2020). Setelah ditelusuri ternyata sosok Bu Tejo yang ramai diperbincangkan adalah salah satu karakter dalam film pendek bertajuk Tilik, yang dibuat pada 2018.

Film yang diproduksi oleh Ravacana Films dan ditayangkan dalam kanal YouTube-nya tersebut, merupakan film hasil kerja sama dengan Dinas Kebudayaan DIY.

Film yang disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo ini memiliki alur cerita yang sangat menggelitik.

Sesuai dengan judulnya Tilik, yang berarti menjenguk, film ini bercerita tentang rombongan ibu-ibu yang ingin menjenguk Bu Lurah, dengan menaiki truk, dan bergunjing di sepanjang perjalanan ke rumah sakit.

Salah satu orang yang paling santer bergunjing adalah Bu Tejo. Dengan penuh semangat Bu Tejo bergibah tentang seorang perempuan bernama Dian.

Dengan komentar-komentar julid-nya, Bu Tejo dalam film itu pun sukses mencuri perhatian dan membuat warganet penasaran.


Ini lho Bu Tejo

Sosok Bu Tejo dalam film tersebut diperankan dengan baik oleh Siti Fauziah Saekhoni atau yang akrab disapa Ozie. Menilik akun Instagram miliknya, @ozie_zie, perempuan berusia 31 tahun tersebut telah berkeluarga dan memiliki satu orang anak.


Siti Fauziah Saekhoni, pemeran bu Tejo dalam film "Tilik". (INSTAGRAM/OZIE_ZIE)

 

Dari foto-foto yang diunggahnya, beberapa memperlihatkan Ozie dan beberapa rekannya tengah tampil dalam pagelaran teater.

Ozie juga bergabung dalam Forum Aktor Yogyakarta, yaitu wadah bertemunya para aktor untuk berbagi pengalaman, wacana, dan ide-ide karya. Dari keterangan profil @forumaktoryk, forum tersebut berdiri sejak Agustus 2011.

Sejak menjadi viral, laman Instagram Ozie pun dibanjiri oleh komentar warganet, yang menyapanya dengan panggilan Bu Tejo.

Tuai pujian


Film "Tilik" buatan Ravacana Films yang menjadi viral. (INSTAGRAM/RAVACANA FILMS)

 

Selain sosok Bu Tejo yang sukses tuai perhatian, ide cerita film Tilik pun mendapat apresiasi dari warganet.

Film ini dianggap mempu menyajikan cerita tentang kehidupan sehari-hari dengan apik. Tak hanya lucu, film ini pun sarat akan pesan-pesan yang baik, seputar hoaks atau kabar bohong dan gibah.

Dilansir dari kanal YouTube Ravacana Films, film ini telah mendapatkan berbagai penghargaan, di antaranya Piala Maya 2018 untuk Film Pendek Terpilih, Official Selection Jogya–Netpac Asian Film Festival 2018, dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Intip yuk di balik layar pembuatan film Tilik, di bawah ini.


Berita Lainnya