Sejarah, Rusia Lakukan Syuting Film di Luar Angkasa Selama 12 Hari

Hai Kawula Muda, ini dia film pertama di dunia yang dibuat di luar angkasa.

Rusia kirim aktris dan sutradara lakukan syuting film 12 hari di Stasiun Luar Angkasa (ISS). (ROSCOSMOS)
Wed, 20 Oct 2021

Baru-baru ini Rusia menorehkan sejarah dengan mengirimkan seorang aktris dan sutradara ke luar angkasa.

Aktris Yulia Peresild dan sutradara Klim Shipenko dikirim untuk syuting film pertama yang pernah dibuat di orbit pada Selasa 5 Oktober 2021.

Keduanya lepas landas ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dengan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-19 bersama astronaut veteran Anton Shkaplerov.

Pesawat ruang angkasa tersebut diluncurkan dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada Selasa (5/10/2021) pukul 09:55 dan tiba dengan selamat di stasiun luar angkasa sekitar tiga setengah jam kemudian.

Film pertama yang syuting di luar angkasa

Menurut Badan Antariksa Rusia Roscosmos, aktris Yulia Peresild dan sutradara Kli Shipenko mendarat sesuai jadwal di padang rumput Kazakhstan pada Minggu (17/10/2021) pukul 04.36 GMT dalam kondisi yang baik.

Mereka kembali ke Bumi setelah melakukan syuting selama 12 hari bersama dengan kosmonot Oleg Novitsky yang telah berada di stasiun luar angkasa selama enam bulan terakhir.

Rusia kirim aktris dan sutradara lakukan syuting film 12 hari di Stasiun Luar Angkasa (ISS). (ROSCOSMOS)

 

Mengutip Pgys, Minggu (17/10/2021), plot cerita The Challenge masih dirahasiakan, tetapi bocorannya akan berkisah mengenai seorang ahli bedah yang dikirim ke ISS untuk menyelamatkan seorang kosmonot.

Lebih lanjut, proses pendaratan mereka yang juga didokumentasikan oleh kru film juga akan ditampilkan dalam film.

Pada konferensi pra-penerbangan, Peresild mengatakan pengalaman syuting kali ini akan berbeda levelnya dengan di Bumi. Tetapi dia mengaku siap dan berjanji akan melakukan yang terbaik.

"Agak terlambat untuk memiliki perasaan takut karena kita sudah sejauh ini, kosmodrom Baikonur sudah menanti dan banyak hal yang harus dilakukan. Sejujurnya, nggak ada waktu untuk memikirkan rasa takut tersebut,” ujar Peresild.

Rusia kirim seorang aktris dan sutradara lakukan syuting film 12 hari di Stasiun Luar Angkasa (ISS). (ROSCOSMOS)

 

Persaingan Rusia dan Amerika 

Kepergian artis dan sutradara Rusia untuk syuting film di Antariksa membuat semakin sengitnya persaingan antara Amerika Serikat dengan Rusia untuk menguasai luar angkasa.

Kedatangan aktris Yulia Peresild, dan sutradara Klim Shipenko di ISS tampaknya akan mengalahkan proyek Hollywood yang diumumkan tahun lalu oleh Tom Cruise, NASA, dan SpaceX milik Elon Musk.

Proyek Rusia ini pun diklaim  jadi film pertama yang pernah dibuat di orbit luar angkasa. Tampaknya Rusia memang sengaja mendukung produksi film ini demi mengalahkan NASA dan Amerika.

Berita Lainnya