Selain Mengisahkan Perjuangan, Lagu Bella Ciao di Money Heist Sarat Makna

Kawula Muda, season 5 volume 1 tayang hari ini loh!

Money Heist. (Dok. FIRSTPOST)
Mon, 06 Sep 2021

Kawula Muda, Money Heist atau La Casa de Papel merupakan serial asal Spanyol yang mengisahkan sebuah geng yang merampok Bank Spanyol.

Tahun 2021, rupanya menjadi tahun di mana final season Money Heist akan tayang. Dibagi menjadi 2 volume, volume 1 tayang 3 September, sementara volume 2 akan tayang 3 Desember mendatang. Kedua volume itu diketahui terdiri dari 5 episode.

Sadar enggak, Kawula Muda, kalau soundtrack berjudul Bella Ciao diputar di momen-momen tertentu? Melansir IntipSeleb, lagu Bella Ciao memiliki empat fakta unik. Apa saja?

1. Menyiratkan arti tertentu di Money Heist

Lagu Bella Ciao diketahui memiliki arti seseorang yang tengah memperjuangkan kebebasan. Tak selalu diputar, lagu Bella Ciao dimainkan saat Money Heist Season 2 berlangsung. Di mana, lagu itu dilantunkan saat pencuri menemukan jalan keluar dari Mint, sebuah gedung di Spanyol.

Selain itu, lagu ini juga dibawakan saat polisi mencari tahu bagaimana geng itu bisa masuk ke Mint.

Pun penonton setia Money Heist menyambungkan simbol baju merah yang dipakai oleh para pencuri, sebagai lambang dari kebebasan.

2. Memiliki sejarah yang menarik

Lagu yang berasal dari Italia ini rupanya sebagai bentuk proses pekerja lapangan akan kondisi Italia pada abad ke-19. 

Para pembuat lagu pun kemudian menulis ulang lirik lagu tersebut dengan arti sebagai kekuatan untuk bertahan dan sebagai bentuk perlawanan.

3. Sesuai dengan kondisi dunia saat ini

Sebelum pandemi menyerang seluruh dunia, serial Money Heist menggunakan lagu Bella Ciao tentunya dengan alasan.

Menurut laporan, lagu tersebut terlihat sangat sesuai dengan kondisi dunia yang penuh protes, serta orang-orang yang tengah melawan kekuatan fasisme.

Tak berhenti sampai situ, lagu Bella Ciao saat pandemi juga memiliki arti yang baik, karena melambangkan solidaritas.

Selain itu, lagu itu juga sering dinyanyikan untuk mendukung warga Italia yang tengah menjalani karantina, untuk mencoba menghentikan pandemi Covid-19.

4. Telah dinyanyikan dalam 32 bahasa

Lagu Bella Ciao diketahui pertama kali direkam oleh seorang penyanyi Italia bernama Giovanna Daffini pada 1962 lalu.

Sejak saat itu, lagu Bella Ciao telah dinyanyikan dalam 32 bahasa lainnya. Tak heran jika lagu Bella Ciao ini juga kerap kali dinyanyikan oleh penggemar sepak bola, salah satunya saat ajang FIFA tahun 2018 lalu.

Siapa yang sering mendengar lagu Bella Ciao, nih?

Berita Lainnya