Steven Yeun, Pria Asia-Amerika Pertama yang Dapat Nominasi Aktor Utama Terbaik Oscar

Kawula Muda, semoga Asia berjaya lagi ya di Ocar tahun ini.

Aktor Amerika Serikat, Steven Yeun. (INSTAGRAM/MINARI)
Wed, 17 Mar 2021

Daftar nominasi Academy Awards (Oscar) ke-93 telah diumumkan pada Senin (15/03/2021). Salah satu yang menjadi sorotan adalah dinominasikannya Steven Yeun sebagai Best Actor (Aktor Utama Terbaik) tahun ini.

Nominasi itu diperoleh berkat peran utamanya sebagai Jacob dalam film karya Lee Isac Chung berjudul Minari.

Dengan pencapaian itu, Steven mencetak sejarah baru sebagai orang Amerika keturunan Asia pertama yang meraih nominasi Oscar sebagai Aktor Utama Terbaik.

Steven bukanlah satu-satunya aktor keturunan Asia yang masuk nominasi Aktor Utama Terbaik tahun ini.

Aktor berdarah Korea-Amerika itu dinominasikan bersama aktor keturunan Pakistan-Inggris yaitu Riz Ahmed, atas perannya dalam film Sound of Metal sebagai Ruben Stone.

Kedua aktor tersebut akan saling bersaing dengan tiga aktor lainnya untuk memperebutkan gelar Aktor Utama Terbaik Oscar, yaitu mendiang Chadwick Boseman dari film Ma Rainey’s Black Bottom, Anthony Hopkins dari The Father, dan Gary Oldman dari film Mank.

Sebelum Steven dan Riz, telah ada dua aktor keturunan Asia lain yang mendapat nominasi Oscar sebagai Aktor Utama Terbaik.

Mereka adalah Chaim Topol (Israel) yang dinominasikan untuk film Fiddler on the Roof (1971) dan Ben Kingsley (India-Inggris) untuk film Gandhi (1982) dan House of Sand and Fog (2003).

Sementara itu, hingga saat ini baru ada dua aktor Asia-Amerika yang behasil memenangI penghargaan Oscar. Bukan sebagai aktor utama, melainkan sebagai aktor/aktris pendukung.

Mereka adalah Miyoshi Umeki (Jepang-Amerika) yang menang Aktris Pendukung Terbaik berkat film Sayonara (1958) dan Haing S. Ngor (Kamboja- Amerika) yang menang Aktor Pendukung Terbaik lewat film The Kiling Fields (1985).

Film Minari meraih enam nominasi Oscar tahun ini. Selain Aktor Utama Terbaik, film tersebut juga dinominasikan untuk Best Picture (Film Terbaik), Best Supporting Actress (Aktris Pendukung Terbaik), Best Original Screenplay (Skenario Asli Terbaik), Best Director (Sutradara Terbaik) dan Best Original Score (Musik Orisinal Terbaik).


Berita Lainnya