Taylor Swift Digugat atas Hak Cipta Lirik Lagu ‘Shake It Off’

Waduh kok bisa?

Penyanyi Amerika, Taylor Swift. (TWITTER/POP BASE)
Tue, 09 Aug 2022


Taylor Swift telah digugat atas dugaan hak cipta lirik singleShake It Off’ yang diambil dari lagu ‘Playas Gon’ Play' oleh 3LW.

Merasa dipermainkan di pengadilan Taylor mengajukan mosi dalam gugatan plagiarisme ini. Dirinya mengatakan tidak pernah mendengar lagu ‘Playas Gon’ Play’ dan belum pernah mendengar mengetahui grup 3LW.

“Lirik Lagu ‘Shake It Off’ ditulis sepenuhnya oleh saya,” kata tunangan Joe Alwyn ini dalam dokumen yang diajukan sebagai tanggapan atas tuduhan yang ia dapatkan. Ia juga menjelaskan jika dirinya tidak diizinkan untuk menonton acara TRL (MTV’s hit countdown show) sampai ia berusia sekitar 13 tahun.

Pengacara Taylor juga menyatakan bahwa kalimat yang digunakan dilirik menjadi bagian dari bahasa sehari-hari, sampai sebelum Sean Hall dan Nathan Butler menulis ‘Playas Gon’ Play’. 

Bahkan ibu Taylor Swift, Andrea Swift memberikan pernyataan bahwa dirinya memantau televisi yang Taylor tonton maupun musik yang ia dengar. Taylor juga tidak pernah menginap di rumah teman saat masih kecil karena mereka tinggal di sebuah peternakan sampai ia berusia 10 tahun, dirinya pun lebih menyukai teman-temannya yang datang ke rumahnya.

Sebenarnya kasus gugatan hak cipta ini sudah diajukan pada tahun 2017 oleh Sean Hall dan Nathan Butler, namun gugatannya ditolak pada tahun 2018. Tetapi kasus ini kembali naik usai banding yang diajukan pada tahun 2021. 

Menurut Hakim Michael W. Fitzgerald, kedua lagu ini memiliki cukup kesamaan objektif sehingga juri harus memutuskannya.

Frasa yang dipermasalahkan serta beberapa variasi lainnya telah muncul di sejumlah lagu, selain ‘Shake It Off’, sudah ada lagu ‘The Outsiders’ pada tahun 2014 dan ‘Mic Drop’ dari BTS pada 2017.


Apa nih pendapat Kawula Muda tentang dugaan plagiarisme ini?

Berita Lainnya