Twitter Ungkap Indonesia Berada di Posisi Pertama yang Ramai Bicarakan Soal K-Pop

Kawula Muda, biasa obrolin artis K-pop yang mana nih?

Akun Twitter Kpop yang paling dibicarakan di Indonesia. (IDNTimes)
Fri, 28 Jan 2022

Perbincangan tentang Kpop di Twitter secara global mencakup lebih dari 6,7 miliar tweet di 2020. Jumlah ini meningkat cukup besar dengan 7,8 miliar cuitan di 2021.

Peningkatan percakapan secara global ini memperlihatkan bahwa perbincangan mengenai K-pop di Twitter semakin beragam. Tidak hanya itu, Twitter pun melakukan analisis mendalam mengenai percakapan seputar K-pop di platformnya.

Berdasarkan analisis tersebut terungkap 20 negara paling banyak membicarakan K-pop, 20 negara dengan penggemar K-pop terbanyak, dan artis K-pop paling dibicarakan di dunia dan Indonesia.

Melansir dari CNNIndonesia.com, Rabu (26/1/2022), dengan banyaknya penggemar yang aktif, Indonesia berada di peringkat pertama dalam daftar negara dengan jumlah tweet tentang K-pop terbanyak selama dua tahun berturut-turut.

Selain Indonesia, Filipina, Korea Selatan, Thailand, Amerika Serikat, Meksiko, Malaysia, Brasil, India, dan Jepang masuk dalam daftar 10 besar.

Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah penggemar K-Pop terbesar di dunia maya pada 2021.

 

Berdasarkan analisis Twitter, Indonesia juga dinilai menjadi negara dengan jumlah penggemar K-pop terbanyak. Analisis ini berdasarkan audiens unik di Twitter dengan jumlah cuitan terbanyak.

Posisi selanjutnya diduduki oleh Jepang dan Filipina. Negara seperti Peru, Kolumbia, Singapura, dan Ekuador ikut masuk dalam daftar 20 besar tahun ini.

Ikon K-pop BTS menempati urutan pertama dalam daftar artis K-pop paling banyak dibicarakan secara global. Konser BTS "Permission To Dance On Stage" di LA, Amerika Serikat, berkontribusi terhadap lebih dari 68 juta cuitan secara global.

Sementara itu, NCT berada di urutan kedua sebagai artis paling banyak dibicarakan di Twitter, selama dua tahun berturut-turut.

Posisi ketiga dan seterusnya ada EXO, BLACKPINK, ENHYPEN, Tomorrow X Together (TXT), SEVENTEEN, TREASURE, ATEEZ, dan Stray Kids.

Menariknya, dalam satu tahun sejak debut, ENHYPEN menyandang gelar million seller, setelah penjualan album studio pertama Dimension: Dilemma, mampu terjual lebih dari 1 juta kopi.

Jajaran idol lain seperti aespa dan ITZY juga memperlihatkan pencapaian besar. Keduanya untuk pertama kalinya masuk dalam daftar 20 artis K-pop paling banyak dibicarakan di Twitter dengan menempati posisi 14 dan 16.

Berita Lainnya