3 Mikrofon Eksternal yang Bikin Siap Nge-Vlog, Sudah Punya?

Kawula Muda, sudah punya yang mana nih?

Ilustrasi content cretor (UNSPLASH/ANASTASE MARAGOS)
Tue, 10 Aug 2021

Mikrofon adalah salah satu komponen pendukung yang penting dalam pembuatan sebuah video, baik untuk tugas ataupun daily vlog. Kehadiran mikrofon dapat meningkatkan kualitas audio dari video yang hendak direkam.

Dalam menentukan mikrofon, pastikan bahwa kamera yang digunakan untuk perekaman memiliki dukungan pada mikrofon eksternal. Mikrofon ini biasanya akan dihubungkan dengan port audio 3.5.

Ada beberapa jenis mikrofon eksternal yang biasa dipakai untuk proses rekaman. Salah satu jenis mikrofon eksternal adalah lavalier yang berukuran kecil dan biasanya dijepit ke pakaian. Mikrofon jenis ini cocok digunakan untuk aktivitas perekaman outdoor serta podcast.

Jenis lainnya adalah mikrofon shotgun yang biasanya terlihat di atas kamera dan berbentuk silinder. Mikrofon jenis ini dapat menangkap suara dari satu arah sehingga bisa meminimalisasi noise pada audio.

Berikut adalah 3 mikrofon eksternal yang dapat meningkatkan kualitas audio saat perekaman.

Boya By-M1 Omni Directional Lavalier Microphone

Harga: Rp250.000

Mikrofon Boya By-M1 Omni Directional (BOYA-MIC)

 

Mikrofon lavalier ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk content creator yang memiliki batasan dalam budget. Dengan harga yang cukup bersahabat, mikrofon Boya By-M1 memiliki kualitas yang sangat baik.

Yang membuat lebih praktis, mikrofon ini tidak menggunakan baterai sehingga sangat baik jika dipadukan dengan kamera/handphone. Boya By-M1 juga cocok untuk digunakan dalam pembuatan video wawancara ataupun daily vlog.

Rode VideoMic GO

Harga: Rp 965.000

Mikrofon Rode VideoMic GO (RODE)

 

Mikrofon berjenis shotgun ini cocok untuk digunakan bagi content creator yang ingin membuat video profesional, salah satunya travel vlogger. Rode VideoMic GO juga dilengkapi dengan shock mounting Rycote Lyre yang berguna untuk mengurangi noise mekanis yang ditimbulkan dari guncangan yang terjadi saat perekaman.

Sama seperti mikrofon Boya By-M1, Rode VideoMic GO ini tidak menggunakan baterai. Hal ini karena mikrofon ini tinggal dihubungkan ke port audio 3.5 mm. Kendati demikian, mikrofon ini berada di kelas menengah ke atas melihat dari harganya.

Saramonic Blink 500 B2 Dual Channel Wireless Omni Lavalier Microphone

Harga: Rp2.150.000Mikrofon Saramonic Blink 500 B2 (SARAMONIC USA)

Meskipun mikrofon Saramonic Blink 500 B2 dibanderol dengan harga yang tinggi, mikrofon ini banyak digunakan oleh YouTuber di Indonesia. Hal ini dikarenakan harga yang dibayarkan sangat sesuai dengan kualitas yang didapatkan.

Sambungan mikrofon lavalier ini menggunakan dua buah transmitter dan satu buah receiver. Dengan demikian, mikrofon ini bisa langsung digunakan oleh dua orang sekaligus.

Kawula Muda, tertarik beli yang mana nih?

Berita Lainnya