3 Perangkat Elektronik yang Dapat Membantu Melacak Sepeda yang Dicuri

Kawula Muda, berjaga-jaga itu tetap lebih baik dari pada menyesal nantinya.

Sepeda. (FREEPIK.COM)
Mon, 17 Aug 2020

Jantung serasa copot saat menyadari bahwa sepeda yang kita miliki hilang dicuri orang. Nah, sebelum hal itu terjadi, alangkah baiknya kalau diantisipasi dengan memasang perangkat pelacak di sepeda.

Berikut ini beberapa alat pelacak sepeda yang bisa dipilih.

1. Immobitag – Stiker radio RFID

Immobitag berbentuk seperti sticker yang dilengkapi dengan perangkat RFID. Bentuknya yang kecil, dapat ditempatkan dengan mudah hampir di mana saja pada rangka sepeda.

Setelah memasang alat ini, pengguna  hanya perlu mendaftar ke website Immobitag dengan mengisi data diri dan data sepeda, seperti jenis, model, serta mengunggah beberapa foto.

Jika polisi menemukan sepeda hasil curian yang diperdagangkan di pasar gelap di seluruh dunia, mereka akan memindai tempelan RFID pada Immobitag dan mengecek kode unik ID di dalamnya.

Setelah itu, polisi akan menghubungi pemilik sepeda dan meminta mengambilnya. Sayangnya, tidak semua kepolisian di suatu negara menerapkan hal ini.

Meskipun Immobitag akan sulit dilepas dari rangka sepeda dengan tangan kosong, perangkat tersebut dapat rusak karena pukulan keras atau dilepas paksa menggunakan obeng.

Sepeda. (FREEPIK.COM)

 

2.Boomerang – Perangkat GPS tak tersembunyi

Boomerang merupakan sistem GPS yang dipasang di antara sangkar botol dan bingkai sepeda. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi khusus untuk menunjukkan secara tepat di mana sepedanya berada.

Bahkan, jika sepeda berpindah secara tak terduga, aplikasi tersebut akan memberi notifikasi, sehingga pengguna dapat mengecek pergerakannya dan mencegah pencurian. Sayangnya, perangkat Boomerang juga dapat dilepas menggunakan obeng.



3.Sherlock – Perangkat GPS tersembunyi

Jika menginginkan pencuri tidak mengetahui bahwa sepeda yang dicurinya dilengkapi alat pelacak, Sherlock bisa menjadi pilihan tepat.

Alat ini diletakkan di bagian dalam setang dan hanya terlihat seperti plester penutup. Dibutuhkan sebuah kunci buatan untuk melepas perangkat ini, sehingga pencuri akan kesulitan melepasnya.

Sherlock juga akan memberi tahu pengguna jika sepeda digerakkan secara tak terduga dan melacak sepeda tersebut dalam jarak 5 meter.


Setiap perangkat keamanan pasti memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Cara terbaik untuk  untuk menangkal pencurian adalah mengunci sepeda dengan kunci yang terbuat logam.Pencuri akan butuh waktu lama untuk dapat memotong kunci logam.

Namun, perangkat pelacak tetap sangat berguna sebagai garis pertahanan terakhir dan efektif untuk melawan pencuri-pencuri malas apalagi yang tidak tahu tentang perkembangan gadget.

Nah, untuk kamu yang mau ikutan Mendadak Sepedahan dan sudah daftar, ini password untuk 18 Agustus 2020 ya, "Mendadak Sepedahan bareng Prambors dan United Bike!"

Buat kamu yang belum daftar, buruan daftar sekarang! Jangan lupa ya, pas ditelepon Prambors jangan bilang halo, tapi "Mendadak Sepedahan bareng Prambors dan United Bike!"

Berita Lainnya