Bukan Dangdut, Ini Tiga Genre Musik Paling Sering Didengar oleh Masyarat Indonesia

Hai Kawula Muda, kalian tim genre musik yang mana nih?

Ilustrasi sedang mendengarkan musik. (FREEPIK)
Sun, 27 Mar 2022

Selain bermanfaat untuk meningkatkan mood, musik memiliki banyak manfaat. Karenanya, hampir semua orang suka mendengarkan musik dari genre atau aliran yang mereka sukai.

Dikutip dari ANTARA, Sabtu (26/3/2022), dari banyaknya genre musik, ada tiga genre teratas yang rupanya paling digemari masyarakat Indonesia untuk didengarkan secara berulang.

“Kalau dilihat dari data (yang dihimpun dari TikTok dan resso) memang benar pop adalah salah satu genre yang paling digemari ya di Indonesia. Dilihat dari konsumsi lagu dengan lirik berbahasa Indonesia, memang pop ini masuk ke top three genre,” kata Christo Putra.

Musik penting bagi kesehatan mental dan fisik. (FREEPIK)

  

Berikut tiga genre atau aliran musik yang paling disukai masyarakat Indonesia belakangan ini.

Pop

Lagu-lagu pop yang berhubungan atau mengenai percintaan, ada relasi atau kerap dialami banyak orang di Tanah Air alias galau, laris manis di pasar musik Indonesia.

Elektronik

Selain genre pop, genre elektronik menjadi paling disukai masyarakat Indonesia di urutan kedua. Genre lagu yang mengandalkan instrumen digital dalam pembuatannya ini, biasanya bertempo cepat.

Musik elektronik memang menyenangkan untuk didengarkan saat ingin menaikkan suasana menjadi lebih ceria untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

RnB dan Hiphop

Genre ketiga yang disukai oleh masyarakat Indonesia akhir-akhir ini adalah genre RnB dan Hiphop. Genre ini kian digemari karena semakin banyak musisi Indonesia yang muncul membawakan lagu-lagu bergenre tersebut.

Dari genre Hiphop misalnya Indonesia kini memiliki banyak musisi bertalenta seperti Ramengvrl, Lace, hingga Matter Moz. 

Sedangkan dari genre RnB juga cukup banyak musisi yang menekuni genre ini, bahkan sudah ada yang go global salah satunya NIKI.

Pada seckor musik digital, di Indonesia berdasarkan riset Statista, secara keseluruhan bisa mencapai 251 juta dolar AS atau setara Rp 3,2 triliun pada 2022.

Dengan pemasukan paling banyak diperkirakan berasal dari layanan digital streaming sebesar 235 juta dolar AS.

Dengan potensi tersebut, tentunya tidak heran akan semakin banyak musisi baru bermunculan yang hadir dengan genre dan musik yang lebih beragam untuk menghibur dan menemani masyarakat Indonesia.

Nah, kalian termasuk penggemar di genre atau aliran musik yang mana nih?

Berita Lainnya