Girlfriend Day Dirayakan Setiap 1 Agustus, Berikut Sejarahnya!

Bukan sekadar tentang pacar aja nih, Kawula Muda!

Ilustrasi persahabatan antar perempuan (UNSPLASH/SIMON MAAGE)
Mon, 01 Aug 2022


Girlfriend Day kini diperingati pada 1 Agustus setiap tahunnya. Walau pada awalnya merupakan hari nasional di Amerika Serikat, kini Girlfriend Day banyak dirayakan di negara lain loh! Misalnya saja Indonesia.

Nah, tapi jangan salah paham dulu ya, Kawula Muda! Tidak selamanya ‘girlfriend’ merujuk pada ikatan pacaran saja. Namun, dapat juga girlfriend dinyatakan untuk sahabat perempuan lo juga.

via GIPHY

Rupanya, hal itu lah yang menjadi akar perwujudan ‘girlfriend day’. Alih-alih untuk membalas ‘Boyfriend Day’ yang diperingati pada 3 Oktober, ‘Girlfriend Day’ sejatinya dilakukan untuk merayakan persahabatan dengan sesama perempuan, loh! 

Asal mula perayaan Girlfriend Day

Mengutip National Today, memang tidak ada catatan yang benar-benar menjelaskan tentang sejarah perayaan tersebut. Namun, seorang blogger bernama Susan mengklaim bahwa dirinya yang membuat perayaan tersebut. 

Sejak 2004, Susan menyebut telah membuat 1 Agustus sebagai hari khusus untuk teman-teman perempuannya. 

Di sisi lain, mengutip Kompas dan Holiday Calendar, pengumuman resmi adanya Girlfriend Day rupanya pertama kali dibuat oleh Kathleen Laing dan Elizabeth Butterfield pada 2002 lalu.

Adapun 1 Agustus dipilih karena bertepatan dengan peluncuran buku karya mereka yang berjudul Girlfriend Gateway

Walau begitu, terlepas dari siapa pun yang memprakarsai hari tersebut, yuk, turut merayakan Girlfriend Day dengan orang-orang terkasih, Kawula Muda!

Lo dapat menghabiskan hari ini baik bersama sahabat perempuan maupun ibu dan kakak-adik perempuan terkasih. Hal itu dikarenakan inti dari perayaan tersebut adalah mengapresiasi para perempuan yang selalu hadir, baik di dalam suka, maupun duka. 

Berita Lainnya