Hati-hati! Terlalu Sering Minum Es Teh Manis Bisa Berbahaya bagi Kesehatan

Hai Kawula Muda, manis segar di cuaca panas, siapa yang bisa menolak segelas es teh manis?

Segelas es teh manis yang menyegarkan. (FREEPIK)
Mon, 21 Sep 2020

Rasanya yang manis dan segar, memang bikin es teh manis jadi minuman favorit banyak orang, apalagi saat cuaca tengah panas terik.

Mengutip dari Kompas.com, beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa es teh manis berpotensi menyebabkan kerusakan pada tubuh karena gula yang dikandungnya. Jika dikonsumsi berlebihan, minuman ini bahkan dapat menyebabkan banyak penyakit.

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang bisa muncul jika minum es teh manis berlebih.

Es teh manis minuman favorit banyak orang. (FREEPIK)

 

1. Menyebabkan gagal ginjal

Seorang dokter di University of Utah Health Care mengungkapkan bahwa es teh manis penuh dengan asam oksalat, yang apabila diminum secara berlebihan dapat menumpuk di ginjal. Hal itu akan mengganggu fungsinya untuk mengeluarkan kotoran dari darah.

2. Meningkatkan risiko diabetes

Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat memicu risiko diabetes. Dalam segelas es teh manis dapat mengandung sekitar 33 gram gula. Jika ingin lebih sehat, ganti gula dengan pemanis alam yang lebih aman dikonsumsi.

3. Obesitas

Bagi yang tidak ingin terus mengalami kebelihan berat badan, hindari mengonsumsi es teh manis terlalu sering. Dalam segelas es teh manis terdapat sekitar 250 kalori. Karenanya, jika terlalu sering meminumnya, obesitas bukan tidak mungkin mengintai kalian.

4. Memicu risiko terkena stroke

Mengonsumsi es teh manis berlebihan juga memicu risiko terkena stroke. Kandungan gula dapat menyebabkan kadar trigliserida menjadi lebih tinggi dan itu yang menyebabkan berpotensi meningkatkan terkena stroke.

5. Memperburuk sistem kardiovaskular

Segelas es teh manis juga mengandung sektiar 47 mg kafein. Jika dikonsumsi berlebih, kafein dapat memberi efek negatif pada kardiovaskular (penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah), bahkan membuat tubuh jadi gemetar dan gelisah.

Manfaat es teh manis

Meski efek-efek tadi harus dipertimbangkan sebelum minum es teh manis, minuman ini juga punya manfaat bagi kesehatan.

Es teh hijau bermanfaat bagi tubuh. (FREEPIK)

 

1 Tubuh tetap terhidrasi

Saat tubuh terhidrasi dengan baik, itu artinya telah mendapatkan jumlah air yang dibutuhkan. Es teh manis bisa menjadi sumber yang baik untuk hal itu.

Harvard T.H. Chan School of Public Health bahkan mengungkapkan bahwa teh menempati urutan kedua sebagai sumber hidrasi tubuh terbaik setelah air putih.

2. Mengurangi nyeri 

Otot yang sering digunakan terkadang menimbulkan rasa nyeri. Dengan minum segelas es teh manis setelah berolahraga, badan biasanya akan terasa lebih rileks, karena teh mengandung antiperadangan yang dapat meredakan nyeri.

3. Mencegah penyakit jantung

Memiliki sifat antiperadaangan dan antioksidan, mengonsumsi teh dapat membantu mencegah penyakit jantung. Terutama jika mengonsumsi teh hitam yang berkhasiat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah serta menurunkan risiko serangan jantung.

Dalam sebuah penelitian pada 2012, para peneliti mencatat bahwa teh hitam dan the hijau dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke hingga 10-20 persen.

4. Meningkatkan konsetrasi

Es teh manis mengandung kafein yang dapat mengingkatkan kinerja untuk tetap fokus dan lebih efisien dalam beraktivitas, bahkan jika dalam kondisi tubuh yang tidak memiliki waktu cukup untuk beristirahat.

Efek stimulasi ringan dalam teh dapat meningkatkan kemampuan untuk memproses informasi seperti belajar dan menghafal.

Nah, jadi kalau mau dapatin manfaat dari minum es teh manis selain bikin segar, sebaiknya minumlah dengan tidak berlebihan. Selain itu ganti pemanisnya dengan yang alami, dijamin selain segar sekaligus menyehatkan!

Berita Lainnya