Ingin Merasakan Sensasi Menyelam di Kota Bawah Air? Yuk ke Dubai!

Buat yang hobi selam ada tempat menarik nih, Kawula Muda!

kolam selam terdalam di dunia (people.com)
Mon, 12 Jul 2021

Kota Dubai identik dengan gedung pencakar langit tertinggi di dunia yakni Burj Khalifa. Kini Dubai jadi pemecah rekor lagi untuk kolam selam terdalam di dunia, Deep Dive Dubai, dengan kedalaman 60 meter mengalahkan rekor kolam selam yang selama ini dipegang Deepspot di Polandia.

Rencana kolam selam ini akan dibuka untuk umum akhir tahun ini. Suhu air di kolam ini dipertahankan pada 30 derajat celcius dengan radiasi ultraviolet agar tetap nyaman untuk menyelam menggunakan pakaian selam yang tipis atau baju renang biasa.

Kolam selam ini berisi 14 juta liter air atau setara 6 kali jumlah volume kolam ukuran olimpiade yang dialirkan teratur tiap enam jam. Deep Dive Dubai berada di dalam komplekz olahraga berbentuk tiram seluas 1.500 meter persegi. Ide ini diambil dari sejarah Uni Emirat Arab sebagai negara penyelam mutiara.

Hal menarik dari Deep Dive Dubai adalah “kota tenggelam” di dalamnya di mana di bawah air ada semacam apartemen kota yang terbengkalai, lengkap dengan ruangan perabotan di dalamnya.

Deep Dive Dubai juga dilengkapi restoran, jendela, dan TV besar yang memungkinkan pengunjung yang tidak menyelam bisa menyaksikan atraksi para penyelam di dalam kolam selam.

"Ada beberapa kolam selam dunia yang dalam, tetapi yang ini jauh lebih menarik,” kata Jarrod Jablonski, Direktur Deep Dive Dubai kepada CNN.

Untuk bisa menyelam ada sertifikasi khusus yang dikeluarkan oleh Asosiasi Instruktur Penyelam Profesional (PADI). Kelas pemula hanya bisa menyelam hingga kedalaman 18 meter.

Untuk penyelam kelas lanjut (advanced) hanya diizinkan menyelam hingga kedalaman 40 meter. Bila ingin menyelam hingga kedalaman 60 meter seperti di Deep Dive Dubai harus memiliki sertifikasi khusus.

Selain kota tenggelam, kolam selam ini juga berfungsi sebagai studio film bawah air yang dilengkapi dengan 56 kamera.

Berita Lainnya