Inilah 5 Tujuan Wisata Rohani untuk Rayakan Natal di Indonesia

Kawula Muda, bakal merayakan Natal bareng keluarga di mana nih?

Ilustrasi Gereja. (Unsplash/Daniel Tseng)
Sat, 25 Dec 2021

Semua umat Kristiani di seluruh dunia kini tengah menyambut Natal dengan penuh sukacita. Menyambut libur Natal dan Tahun Baru, ada beberapa tujuan wisata rohani yang cocok banget dikunjungi bareng sama keluarga. Selain tempat untuk berdoa, lokasi ini menyuguhkan pemandangan menawan dari sisi arsitekturnya.

Berikut adalah beberapa gereja di Indonesia yang tampak menarik untuk dikunjungi saat hari Natal.

1. Gereja Santa Maria de Fatima, Jakarta

Gereja Santa Maria de Fatima (Katolikana)

 

Meski tak setenar Gereja Katedral, Gereja Santa Maria de Fatima bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata rohani bagi umat Kristiani. Gereja Santa Maria de Fatima terletak di Glodok, Tamansari, Jakarta Barat, yang  memiliki gaya khas oriental pada bangunannya.


2. GPIB Immanuel (Gereja Blenduk), Semarang, Jawa Tengah

GPIB Immanuel, Semarang (Wikipedia)

 

GPIB Immanuel atau yang lebih dikenal dengan Gereja Blenduk merupakan gereja tertua yang berada di Jawa Tengah. Gereja Blenduk telah berdiri sejak 1753 dan berlokasi di kawasan Kota Lama Semarang.


3. Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan, Solo, Jawa Tengah

Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan, Solo

 

Destinasi wisata Natal di Indonesia selanjutnya adalah Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan di Solo, Jawa Tengah. Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan sudah berdiri sejak 1916 dan menjadi salah satu gereja tertua di Solo.


4. Gereja Katedral, Jakarta

Gereja Katedral (Pinterest)

 

Gereja Katedral atau yang memiliki nama resmi Gereja Santa Maria Diangkat ke Surga ini diresmikan sejak 21 April 1901 silam. Selain melakukan kegiatan ibadah di Gereja Katedral, pengunjung bisa menikmati keindahan gaya bangunan gereja yang sangat eksotis.


5. Gereja Hati Kudus Yesus, Yogyakarta

Gereja Hati Kudus Yesus (Wikipedia)

 

Terletak di Bantul, Yogyakarta, Gereja Hati Kudus Yesus memiliki sebuah keunikan tersendiri saat misa Natal. Pasalnya, misa yang digelar di Gereja Hati Kudus Yesus ini sangat kental dengan nuansa tradisional Jawa. Mulai dari penggunaan busana adat Jawa hingga musik gamelan yang mengiringi berlangsungnya misa.

Berita Lainnya