Jarang Terdengar, Berikut 4 Masakan Ranah Minang yang Tak Kalah Enak dari Rendang

Kawula Muda, kalau kalian menklaim diri sebagai pencinta kuliner, wajib tahu dong daftar makanan ini!

Aneka menu masakan Padang menggugah selera. (INSTAGRAM)
Sun, 26 Jul 2020

Bicara kuliner khas Sumatra Barat memang tidak akan ada habisnya. Tak hanya rendang, masih ada ratusan makanan khas Sumatra Barat yang dijamin memiliki kelezatan tiada tara.

Berikut enam rekomendasi makanan khas Sumatra Barat yang jarang terdengar namanya, namun sangat lezat rasanya!

Sambalado tanak


Masakan Padang sambalado tanak. (INSTAGRAM)

 

Sambalado tanak merupakan masakan yang diolah dari bahan-bahan cabai yang sudah digiling, santan kelapa yang sudah dimasak, ikan teri, petai/jengkol, telur kemudian dicampur rempah-rempah lain seperti jahe, lengkuas, kunyit, dan asam kandis.

Biasanya bahan-bahan ini dimasak di kuali dengan kompor atau jika ingin hasil yang lebih mantap bisa memakai kayu bakar.

Dapat dikatakan, sambalado tanak merupakan salah satu makanan paling favorit orang Minang sebagai teman nasi dalam piring. Sambalado tanak merupakan makanan asli masyarakat Nagari Sungai Jambu, Tanah Datar.

Namun sayangnya, masakan ini jarang ditemukan di rumah makan di luar daerah Sumatra Barat. Jadi, disarankan untuk membuat sendiri di rumah.

Karabu baluik


Masakan Padang karabu baluik. (INSTAGRAM)

 

Pertama kali mendengar nama ini? Ya, karabu baluik dalam bahasa Indonesia berarti kerabu belut. Daging belut segar dibakar dan disajikan dengan sambal balado.

Cara memasaknya tergolong sulit, karena untuk mencapai cita rasa yang asli dan lezat proses pembakaran harus menggunakan arang atau kayu. Tujuannya supaya daging belut tetap empuk dan matang secara merata hingga ke dalam.

Sebelum disajikan, daging belut bakar dicampur dengan kuah santan yang kental dan bumbu cabai.

Singgang ikan


Masakan Padang singgang ikan. (INSTAGRAM)

 

Mudahnya, masakan ini dapat dikatakan sebagai pepes-nya orang Minang. Masakan ini merupakan olahan makanan berbahan dasar ikan, seperti selangat, parang, terubuk, mujair, atau mas.

Bahan-bahannya tidak serumit masakan padang lainnya. Proses memasaknya dengan cara dikukus lalu dibakar.

Pangek ikan


Masakan Padang pangek ikan. (INSTAGRAM/SARI BUNDO)

 

Dari segi penyajian, pangek ikan hampir mirip dengan gulai, tetapi dimasak tanpa santan. Lebih spesifik, daerah yang terkenal dengan masakan ini  adalah Situjuah, Payakumbuh.

Untuk cita rasa yang lebih segar dan nikmat, pangek ikan dimasak menggunakan belanga atau periuk dari tanah.

Bagaimana? Penasaran mencoba masakan khas Sumatra Barat yang rasanya enggak kalah dari rendang? Selamat mencari atau memasak!

Berita Lainnya