Sepatu Pertama Michael Jordan di NBA Akan Dijual Rp 21 Miliar!

Sepatu ini yang katanya menginspirasi Air Jordan loh, Kawula Muda!

Sepatu pertama Michael Jordan, Nike Air Ship (SOTHEBYS)
Tue, 12 Oct 2021

Michael Jordan adalah sosok yang sangat dikenal dalam dunia basket. Kerja samanya dengan merek Nike membuka pintu untuk kelanjutan industri sneakers.

Sepatu pertama yang digunakan oleh Michael Jordan di NBA saat Air Jordan 1 belum siap dipakai di lapangan adalah Nike Air Ship. Sepatu yang dirancang oleh Bruce Kilgore ini menjadi inspirasi dan sekaligus pendahulu dari siluet Nike Air Jordan 1.

Sneaker dari pertandingan NBA kelima Michael ini benar-benar memegang tempat khusus di hati para sneakerhead sebagai pendahulu Air Jordan 1, tetapi lebih dari itu, Air Ship juga menjadi artefak luar biasa,” kata kepala Sotheby's Streetwear and Modern Collectables Brahm Wachter.

Tanda tangan Michael Jordan pada Nike Air Ship yang akan dilelang (SOTHEBYS)

Pada Jumat lalu (08/10/2021), rumah lelang Sotheby menyatakan akan melelang sepasang Nike Air Ship yang berwarna merah putih tersebut. Diketahui, sepatu inilah yang digunakan pertama kali oleh Michael Jordan ketika pertama kali disponsori oleh Nike pada 1984 silam di musim Rookie-nya.

Pelelangan ini akan berlangsung pada 21-24 Oktober mendatang di MGM Aria Resort & Casino di Las Vegas. Untuk pelelangan langsungnya sendiri akan dilaksanakan pada 24 Oktober, dan lelang online-nya dilaksanakan dari 21 Oktober hingga 4 November 2021.

Sotheby akan membuka dan menjual sepasang Nike Air Ship ini di harga 1-1,5 miliar dolar AS (sekitar Rp 14-21 miliar). Dengan demikian, sepatu tersebut kini menjadi satu-satunya sepatu dengan perkiraan tertinggi yang pernah ditawarkan di lelang. Jika sepasang Nike Air Ship ini terjual, bisa menjadi sepatu termahal yang pernah ada.

Sepatu ini awalnya dipakai oleh Michael Jordan pada game ke-5-nya. Setelah pemakaian di game tersebut, sepatunya diberikan kepada ball boy Denver Nuggets, Tommie Tim III Lewis. Sepatu yang akan dilelang oleh Sotheby adalah sepatu yang sama yang diberikan oleh Michael Jordan kepada Tommie.

Sepasang sepatu legendaris ini akan dilelang bersamaan dengan barang-barang mewah lainnya, seperti jam tangan Rolex langka, tas Hermès Birkin, serta beberapa koleksi mobil mewah.

Berita Lainnya