Seram! Ini Kisah 5 Hantu Jepang yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri!

Kawula Muda, mana hantu Jepang yang paling kalian takuti?

Salah satu wujud hantu Jepang. (TWITTER)
Fri, 14 Oct 2022


Salah satu hal yang paling dikenal dari negara Jepang adalah film horornya yang sangat menakutkan. Para hantu dari Jepang siap meneror siapa saja.

Tapi nih, menurut kepercayaan orang Jepang, masyarakatnya selain percaya hantu juga sangat menghormati hantu. lho. Mereka percaya setiap manusia memiliki reikon yaitu makluk dengan kekuatan luar biasa yang dilepaskan saat kematian.

Berikut adalah kisah 5 hantu Jepang yang menakutkan dan bikin bulu kuduk berdiri.

Hantu Okiku

Kisah hantu Okiku jadi salah satu yang paling melegenda di Jepang. Dari mitos yang beredar, kisah tentang Okiku terjadi di Himeji atau sekarang disebut Prefektur Hyogo.

Okiku merupakan seorang pelayan berparas cantik yang bekerja sebagai pencuci piring di Kastil Himeji. Karena parasnya yang cantik, ia disukai oleh salah satu pengikut tuannya yaitu Aoyama yang merupakan seorang samurai.

Aoyama sudah berkali-kali mencoba untuk mendekati Okiku, tetapi selalu ditolak. Karena kesal, Aoyama pun menjebak Okiku agar mau menjadi kekasihnya dengan menyembunyikan salah satu dari 10 piring berharga milik tuannya.

Suatu ketika, Okiku sadar bahwa piring langka milik sang tuan hanya berjumlah 9, bukan 10. Ia terus menghitung jumlah piring itu hingga ratusan kali, tetapi jumlahnya tetap 9.

Aoyama pun mengatakan bahwa ia akan menolong Okiku dengan syarat bersedia untuk menjadi kekasihnya. Namun, lagi-lagi Okiku menolak tawaran itu.

Penolakan itu langsung membuat Aoyama marah dan kemudian menyiksa Okiku dengan menceburkannya berkali-kali ke dalam sumur. Meskipun disiksa berkali-kali, Okiku tetap menolak untuk menjadi kekasih Aoyama dan membuat dia akhirnya dibunuh dengan sadis. Mayat Okiku kemudian dimasukkan ke dalam sumur itu dan sejak saat itu setiap malam arwahnya selalu bergentayangan.

Setiap langit mulai gelap, Okiku akan merangkak dari dasar sumur dan mengitung jumlah piring milik tuannya. Setiap kali berhenti di angka 9, arwah Okiku akan berteriak histeris dan lengkingannya sangat menakutkan hingga bulu kuduk berdiri. Bahkan orang yang mendengarkan lengkingannya bisa meninggal dunia.

Konon, untuk menghentikan Okiku, seseorang yang mendengarnya berhitung harus berteriak 10 sebelum hitungan Okiku berhenti.

Kisah Okiku ini kemudian berkembang menjadi urban legend terkenal di Jepang yaitu Onryo, hantu pembalas dendam. Kisah ini lalu menjadi inspirasi untuk film The Ring yang diangkat dari novel karangan Koji Suzuki, dengan hantunya yang terkenal bernama Sadako.

Hantu Yuki-onna

Yuki-onna memiliki arti wanita salju dalam bahasa Jepang. Yuki-onna adalah yokai atau roh yang menghuni dataran salju. Menurut legenda, Yuki-onna dulunya adalah seorang wanita yang tewas di tengah badai salju.

Kemudian mitos itu berkembang menjadi roh yang selalu menggoda laki-laki di tengah salju. Hantu Yuki-onna kemudian akan mengisap rohnya melalui embusan napas yang dingin. Yuki-onna digambarkan sebagai wanita cantik, tinggi, putih, dan bibir pucat.

Kuchisake-onna, hantu bermulut sobek

Kuchisake-onna juga menjadi salah satu hantu yang paling menyeramkan di Jepang. Diceritakan, dulu ada seorang wanita cantik yang menjadi istri seorang samurai.

Namun, wanita tersebut sering memanfaatkan kecantikannya dan berselingkuh dengan pria lain. Suatu hari, sang suami memergoki kelakuan buruk dari istrinya itu.

Ia lalu mengambil pedang samurai dan menyabet mulut sang istri, hingga robek dari telinga kiri sampai telinga bagian kanan. Kuchisake-onna pun tewas di tempat dan arwahnya bergentayangan.

Setiap kali muncul, hantu Kuchisake-onna akan menutupi bagian mulutnya dengan selendang. Ia kemudian akan bertanya apakah dirinya cantik.

Jika dijawab, ia lalu membuka penutup wajahnya dan memperlihatkan bagian mulutnya yang sobek, sambil bertanya,”Bagaimana kalau sekarang? Apakah aku cantik?” Jika tidak dijawab, maka korbannya akan langsung dibunuh dengan sadis. Hantu Kuchisake-onna akan menggunting mulut korban sehingga mirip dengannya.

Manekute no Yurei

Pernah enggak sih melihat adegan horor di film Jepang yang memperlihatkan satu tangan yang keluar dari dinding, melambai-lambai, seakan memanggil-manggil? Kemungkinan besar,itu adalah yurei seseorang yang meninggal di ruangan itu sejak lama.

Mereka biasanya menginginkan sesuatu, tetapi hanya punya kekuatan untuk menampakkan satu tangan. Cerita ini sering banget di Jepang. Umumnya, mereka hanya mau seseorang untuk mengakui kehadiran mereka atau mendoakan mereka di kuil setempat.

Teke-teke, hantu merangkak

Teke-teke dipercaya merupakan hantu wanita yang tewas secara tragis di Stasiun Kereta Hokkaido. Ia jatuh dari atas rel kereta api, terlindas, dan mati di tempat.

Arwahnya kemudian bergentayangan di seluruh kota untuk mencari anggota tubuhnya yang hilang. Teke-teke akan merangkak dengan kedua tangannya dan hanya memiliki setengah badan sampai pinggang.

Orang yang dihantui teke-teke akan mendengar suaranya berjalan yang menimbulkan bunyi, "teke-teke". Walaupun merangkak, teke-teke sangat cepat dalam mengejar korbannya.

Nah, Kawula Muda, itu tadi 5 kisah hantu Jepang yang menakutkan dan bikin bulu kuduk berdiri. Mana yang paling kalian takuti? 


Berita Lainnya