7 Grup K-Pop yang Bubar di 2021 dan Bikin Syok Fans! Bagian 1

Kawula Muda, grup tersebut bubar dengan berbagai alasan.

Girlgroup asal Korea Selatan, GFRIEND. (ALLKPOP)
Wed, 29 Dec 2021

Sepanjang 2021, sederet idol K-Pop melakukan debutnya dengan merilis single dan album. Tak sedikit dari rookie grup ini yang meraih sukses. Sementara, grup idol yang telah lama melakukan debut, tak sedikit pula yang mampu mempertahankan eksistensinya di tengah gempuran girlgroup serta boygroup muda dan bertalenta.

Salah satunya adalah BTS, yang menjadikan 2021 justru sebagai tahun peruntungan mereka. Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang menyulitkan banyak pihak, BTS mampu bertahan, bahkan karier mereka justru semakin menanjak naik hingga ke dunia internasional.

Namun, tidak semua grup mampu bertahan dan beruntung seperti BTS. Ada pula grup K-Pop yang harus bubar dengan berbagai alasan. Berikut adalah 7 grup K-Pop yang memutuskan untuk bubar pada tahun ini!

1. Seven O’Clock

Boygroup yang memulai debutnya di bawah naungan Staro Entertainment dan KDH Entertainment ini memutuskan untuk bubar pada 2 Maret 2021.

Seven O’Clock debut pada 16 Maret 2017 dengan merilis mini album berjudul “Butterfly Effect” dengan lagu utamanya yang berjudul Echo. Sepanjang  karier mereka di industri musik, Seven O’Clock telah mengalami beberapa perubahan susunan personel.

Setelah merilis 5 album, grup ini bubar dengan beberapa personel yang pindah ke grup lain. Seperti Hangyeom pindah menjadi member OMEGA X serta 2Soul dan Taeyoung yang bergabung ke grup baru bernama Black Level.

 2. HOTSHOT

Di bawah naungan Star Crew Entertainment, boygroup HOTSHOT memulai debutnya pada 29 Oktober 2014 dengan merilis single digital berjudul Take A Shot. Selama berkarier grup ini berhasil merilis tiga album dan “Early Flowering” menjadi yang paling terlaris.

Salah satu member HOTSHOT yaitu Timoteo adalah mantan trainee di SM Entertainment yang seharusnya bergabung dengan EXO. Namun, Timoteo justru memilih untuk meninggalkan SM Entertainment dan debut bersama HOTSHOT.

Sayang, pada 30 Maret 2021, Star Crew Entertainment mengumumkan bahwa grup tersebut telah resmi dibubarkan.

3. IZ*ONE

Girlgroup yang dibentuk melalui ajang Produce 48 ini melakukan debutnya pada 29 Oktober 2018 dengan merilis album berjudul “COLOR*IZ” dan lagu utamanya yang berjudul La Vie en Rose. Grup yang terdiri dari 12 personel ini mampu merilis enam album selama berkarier di industri musik.

Pada 29 April 2021, agensi IZ*ONE, Swing Entertainment dan Off the Record mengumumkan bahwa grup tersebut tidak memperpanjang kontrak dan mereka memutuskan untuk bubar. Beberapa anggota memilih untuk menjalani solo karier ataupun bergabung dengan grup lain seperti girlgroup baru bernama IVE.

4. GFRIEND

Kabar bubarnya girlgroup yang berada di bawah naungan Source Music ini menjadi salah satu yang mengejutkan. Keenam member GFRIEND memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak mereka dengan Source Music karena tidak adanya kesepakatan.

Grup yang terdiri dari Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB, dan Umji ini akhirnya bubar setelah kontrak mereka berakhir pada 22 Mei 2021. Seluruh member memutuskan untuk menjalani aktivitas mereka masing-masing.

GFRIEND memulai karier mereka pada 15 Januari 2015 dengan merilis EP berjudul “Season of Glass” dan title track berjudul Glass Bead. Dengan penampilan dan gaya yang unik, GFRIEND mampu meraih beragam penghargaan musik, di antaranya Melon Music Awards 2015.

Berita Lainnya