Konser 30 Tahun Dewa di JIS Ditunda, Efek Domino Kericuhan Event?

Kawula Muda, buat lo para Baladewa dan Baladewi, semoga ini merupakan keputusan yang terbaik, ya.

Ilustrasi formasi lengkap Dewa 19 yang dikatakan sebagai "formasi paling dicari". Formasi lengkap ini akan hadir dalam konser perayaan 30 tahun Dewa 19 berkarya (Suara)
Thu, 03 Nov 2022


Pekan depan, tepatnya tanggal 12 November 2022, konser bertajuk “Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya DEWA 19” seharusnya digelar. Namun, Rabu (02/11/2022), pihak penyelenggara, yaitu JAKPRO dan DEWA Restography mengumumkan bahwa konser tersebut akan dijadwalkan ulang pada Sabtu, 4 Februari 2023 di Jakarta International Stadium (JIS), Kawula Muda.

Penundaan konser ini tertulis dalam rilisan resmi pihak penyelenggara, Kawula Muda. Kabar mengejutkan ini disampaikan 10 hari menjelang berlangsungnya konser tersebut. Melansir Instagram resmi Dewa 19, pihaknya menuliskan, "Secara internal kami telah sepakat bahwa acara akan kami tunda ke tahun depan pada Sabtu, 4 Februari 2023 di lokasi yang sama di Jakarta International Stadium (JIS).”

Tidak hanya itu, pihak penyelenggara juga mengungkapkan alasan penundaan konser tersebut, loh. Hal tersebut dituliskan karena dengan alasan teknis (unforeseen circumstances). 


"Kami cukup aware dan prihatin dengan kejadian yang telah terjadi mengenai events dan keramaian yang telah terjadi sebelumnya. Sebagai pihak penyelenggara acara, kami mempertimbangkan perlu mengkaji dan mempersiapkan acara kami nanti lebih matang lagi mengenai teknis pelaksanaan untuk acara Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya DEWA19 nanti," tulis siaran pers.

Ahmad Dhani sendiri juga mengatakan bahwa penundaan sementara konser ini demi keselamatan ribuan penonton, Kawula Muda. Ahmad Dhani mengatakan bahwa mereka akan menggunakan kesempatan ini untuk mempersiapkan konser yang lebih matang.

Polisi Akui belum Sanggup Hadapi 70.000 Penonton

Akibat dari beberapa kejadian lonjakan kerumunan belakangan ini, Polda Metro Jaya mengakui belum siap untuk mengamankan konser Dewa 19 jika dilaksanakan dalam waktu dekat ini di JIS.

Untuk itu, Endra Zulpan selaku Kabid Humas Polda Metro Jaya memastikan harus ada kesiapan yang lebih matang dari panitia penyelenggara dan pihak kepolisian.

"Itu untuk mempersiapkan pengamanan yang lebih baik, karena dengan waktu mepet ini kami tidak ingin nanti persiapan keamanan tidak optimal," tutur Zulpan dilansir dari Kompas, Kamis (3/11/2022).

Kekhawatiran dari kurangnya pengamanan di acara nanti menjadi salah satu alasan polisi belum mengeluarkan surat rekomendasi izin penyelenggaraan acara tersebut.

"Kami belum mengeluarkan izin, ya, berarti Polda belum mengetahui kegiatan itu bagaimana? Kan harusnya sebelum izin dikeluarkan dari Polda Metro Jaya memanggil panitia penyelenggara untuk memaparkan bagaimana konsep acara," terang Zulpan.

Diketahui, sampai saat ini panitia sudah menjual kurang lebih 60.000 tiket dari total 70.000 lembar yang disediakan. 

Sedangkan untuk tiket “Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya DEWA 19” yang sudah terjual di semua kategori yang telah dibeli secara resmi di tiket.com masih berlaku untuk pertunjukan tanggal 4 Februari 2023 nanti. Meski begitu, promotor juga menyediakan opsi pengembalian dana atau refund bagi para pembeli tiket.

Tidak hanya itu, sehubungan dengan penundaan tersebut, konser berbasis streaming via Videolegend.tv juga akan menyesuaikan mengikuti tanggal live konser. Sebagai bentuk kompensasi, kuota penjualan tiket konser streaming juga akan ditambah, menyusul permintaan penggemar yang terus meningkat.

Berita Lainnya