Qodir, Band Baru Dul Jaelani yang Kembali Usung Musik Rock

Kawula Muda, Qodir telah merilis album berjudul "Seribu Bulan"

Qodir, band rock besutan Dul Jaelani. (INSTAGRAM/DUL JAELANI)
Tue, 26 Apr 2022


Dul Jaelani, putra bungsu musisi Ahmad Dhani baru saja secara resmi mengumumkan band barunya yang diberi nama Qodir.

Band terbaru miliknya ini beranggotakan empat anak muda yang menyukai dengan musik rock. Selain Dul, band ini digawangi oleh Xavier, Deriel Sudiro, dan Axel CB. Di Qodir selain sebagai vokalis, Dul juga berperan sebagai penggagas terbentuknya band ini.

Qodir baru saja menuntaskan proyek rekaman mereka pada akhir Maret lalu. Pada 22 April 2022, Qodir akhirnya bisa merilis album baru yang diberi judul “Seribu Bulan”. Album ini berisi 9 lagu yang sebagian besar liriknya diciptakan oleh Dul Jaelani.

“Kami memberi judul album ini dengan nama ‘Seribu Bulan’. Alasannya, karena setiap lagu ini menggambarkan nuansa yang beragam dan berbeda, “ kata Dul seperti yang dikutip dari Media Indonesia.

Dul juga mengatakan bahwa lagu-lagu di album “Seribu Bulan” mengangkat sejumlah tema yang berkaitan dengan kehidupan remaja.

“Dari tema, Qodir mengangkat isu-isu sosial yang terjadi pada anak remaja saat ini seperti kecemasan remaja, kebebasan berekspresi, pemberontakan, cita-cita, keresahan di media sosial hingga masalah kejiwaan,” ujar Dul.

Isu-isu itu tertuang seperti di dalam salah satu lagu mereka yang berjudul Sakit Cinta. Di lagu tersebut membahas tentang seseorang yang mengalami depresi dan gangguan jiwa karena jatuh cinta.

“Jadi, lagu ini membahas tentang seseorang yang depresi dan mengalami gangguan jiwa karena jatuh cinta. Memang aku ingin mengupas sisi kehidupan anam muda zaman sekarang yang penuh dinamika dan romantika,” kata Dul.

Sebelum membentuk Qodir, Dul pernah membuat band yang diberi nama Backdoor pada 2013 lalu. Saat itu, Backdoor banyak membawakan lagu yang menyuarakan hal serupa dengan band Qodir. Namun entah kenapa Backdoor vakum pada 2016.

“Menurut aku, Qodir ini ruhnya kurang lebih sama dengan Backdoor. Tapi dengan spirit yang baru dan visi yang lebih luas,” ungkap kekasih Tissa Biani ini.

Selain Backdoor, Dul juga sempat tergabung dalam grup band The Lucky Laki yang beranggotakan kakak-kakak kandungnya yaitu Al Ghazali dan Ahmad El Jallaludin Rumi alias El.

Berita Lainnya