Uniknya Konser +–=÷× Tour Ed Sheeran yang Punya Panggung 360 Derajat!

INI KEREN BANGET!

Visual Konser Konser +–=÷× Tour Ed Sheeran yang Punya Panggung 360 Derajat (Mark Surridge)
Fri, 20 Oct 2023

Ed Sheeran baru saja mengumumkan konser +–=÷× Tour di Jakarta pada 2 Maret 2024 di Stadion Gelora Bung Karno.

Tiket konsernya sendiri akan dibuka pada 30 Oktober 2023 - 1 November 2023 untuk UOB Cardmembers Presale dan 2 November 2023 pukul 10.00 WIB untuk General Sale.

Harga Tiket Ed Sheeran Jakarta 2024 (Sound Rhythm)

  

Sebelum Kawula Muda war tiket konser Ed Sheeran, ada baiknya untuk tahu, bakal seperti apa atmosphere di konsernya yang punya konsep panggung 360° tersebut.

Apa Itu "+–=÷× Tour" Ed Sheeran?

Kemeriahan konser +–=÷x (Mathematics) Tour Ed Sheeran (INSTAGRAM/edhq)

+–=÷× Tour Ed Sheeran atau yang dibaca Mathematics Tour adalah konser yang membawakan gabungan album Ed Sheeran dari + (Plus), = (equal), ÷ (divide), x (Multiply) dan - (Subtract) dalam satu aksi panggung yang berlangsung selama 2 jam 15 menit. 

+–=÷× Tour sudah berjalan sejak tahun 2022 yang masih akan berlangsung hingga 2024. 

Tour kali ini akan membawa Calum Scott sebagai penampil pembukanya. Sebelumnya, di kota-kota lain, Khalid dan Ben Kweller pernah menemani Ed Sheeran keliling kota-kota besar dunia untuk menyapa penggemar. 

Hal-hal Menakjubkan di "+–=÷× Tour" Ed Sheeran

Konsep Panggung 360°

Tampak atas panggung 360 drajat konser +–=÷x (Mathematics) Tour Ed Sheeran (INSTAGRAM/edhq)

 

Hal yang paling menarik dari konser Ed Sheeran adalah panggung yang memiliki konsep 360° ini menyajikan pengalaman menonton konser yang enggak biasa, Kawula Muda. Dengan kapasitas yang besar mencapai 80.000 penonton di tiap stadionnya, Ed Sheeran dan tim tidak menyisakan spot kosong alias seluruh stadium penuh terisi oleh penonton, baik di kategori festival maupun di tribune.

Visual Totalitas



Akan ada pula Giant LED yang menampilkan visual dari Ed Sheeran berbentuk memutar ditambah dengan enam panggung kecil yang memiliki layar berbentuk pick gitar untuk menyalurkan visual yang lebih baik lagi dari segala penjuru.

Untuk memaksimalkan tampilan visual dapat tersalurkan dengan baik ke seluruh penonton, tim dari Ed Sheeran menggunakan robot sebagai kameramennya. 

Hal ini karena tak ada satu pun kameramen di pit maupun di FOH yang berjaga. Kamera dioperasikan jarak jauh dengan total enam operator mengaja 12 kamera yang bisa beralih dari kamera tiang dan kamera bagian atas panggung yang bergantung pada gerakan dari tubuh Ed Sheeran. 

Bahkan, mereka juga menambahkan tampilan 3D salah satunya pada lagu “Bloodstream” di mana kepala Ed Sheeran dibuat mengeluarkan air mata dari grafis 3D yang masih belum banyak digunakan dalam visual konser musisi lainnya.

Pertunjukan Kembang Api

Tampak kembang api di Konser +–=÷x (Mathematics) Tour Ed Sheeran (TPi Magazine)

 

Ada pula pemasangan kembang api dan efek perapian digital alias dikendalikan secara jarak jauh atau wireless. Setidaknya ada 24 pelat yang menghasilkan berbagai efek api dan asap sepanjang set. 

Tak lupa dengan kejutan di akhir pertunjukkan yang kabarnya akan dipenuhi dengan ‘ledakan warna’, Kawula Muda.

Audio In-The-Round


Untuk audio sendiri tak perlu diragukan lagi, Kawula Muda. Dilansir dari TPi Magazine yang mewawancarai para tim di balik konser +–=÷× Tour Ed Sheeran, setidaknya ada 212 pengeras suara Meyer Sound: PANTHER yang tersebar di venue konser dan 20 loud speaker LEOPARD dipasang melingkari panggung.

Speaker dan sound di konser tersebut sudah memiliki sistem konfigurasi yang bisa menyesuaikan cakupan agar suara mencapai tingkat yang seragam dan respons yang sama dengan frekuensi dari berbagai jarak.

Ed Sheeran Jalani Dua Rangkaian Tur Sekaligus di 2023

Manufaktur Rigging panggung Ed Sheeran (Stage One UK/TPi Magazine)

 

Hal unik dari +–=÷× Tour yang sedang berjalan, Ed Sheeran masih produktif memproduksi musik baru dan berhasil meluncurkan dua album di tahun 2023 ini, - (Mei 2023) dan Autumn Variations (September 2023). 

Tak hanya itu, Ed Sheeran menjalankan dua rangkaian tur di 2023 ini. Selain +–=÷× Tour, ada The Subtract Tour sebagai tur kecil pendamping +–=÷× Tour

Tujuannya dibuat dua rangkaian tur, agar Ed bisa tetap memperkenalkan lagu-lagu barunya dari album di tempat yang lebih kecil.

“Aku akan memainkan beberapa show di theatre wilayah AS pada musim panas ini (2023), jadi aku bisa memainkan Subtract dengan konsep full band dan setting yang lebih intim,” ujar Ed Sheeran.

Karena ada album baru, tentunya dalam +–=÷× Tour, Ed terkadang mengubah set list-nya dengan memasukkan track dari kedua album terkininya.

Ed Sheeran Tampil Totalitas dan Set List dari "+–=÷× Tour"

Penyanyi pop-folk dengan lirik-lirik yang menceritakan keseharian hidup manusia ini dikenal juga dengan permainan gitarnya. Tak heran dalam turnya, Ed akan berganti-ganti jenis gitar untuk menghidupkan suasana. 

Ia juga bernyanyi secara live tanpa adanya bantuan backing tracks. Ed Sheeran tak membutuhkannya untuk membantu suaranya terdengar di satu stadion.

Berikut adalah setlist dari +–=÷× Tour Ed Sheeran yang kemungkinan masih bisa berubah atau ditambah karena Ed memiliki dua album baru.

"Tides"

"Blow"

"I'm a Mess"

"Shivers"

"The A Team"

"Castle on the Hill"

"2step"

"Don't"

"Give Me Love"

"Visiting Hours"

"Own It" / "Peru" / "Beautiful People" / "I Don't Care"

"Overpass Graffiti"

"Galway Girl"

"Thinking Out Loud"

"Love Yourself"

"Sing"

"Photograph"

"Perfect"

"Bloodstream"

"Afterglow"

Encore

"Shape of You"

"Bad Habits"

"You Need Me, I Don't Need You"

Kawula Muda, semangat war tiketnya. Tiket konser Ed Sheeran nantinya bisa didapatkan melalui edsheeraninjakarta.com. Hindari calo tiket dan jaga terus Ed Sheeran jangan sampai lepas karena konsernya keren banget!

Berita Lainnya