Ada Uang Baru Pecahan Rp 75.000 di HUT Kemerdekaan RI Ke-75!

Hai Kawula Muda, khusus menyambut HUT kemerdekaan RI ke-75, Bank Indonesia (BI) menerbitkan uang rupiah lembaran Rp 75.000.

Uang pecahan baru edisi HUT Kemerdekaan RI ke-75. (INSTAGRAM/BANK INDONESIA)
Mon, 17 Aug 2020

Khusus menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-75, Bank Indonesia (BI) menerbitkan uang rupiah pecahan baru Rp 75.000.  Hal ini menjadi momen langka mengingat BI biasanya mengeluarkan rupiah edisi khusus dalam bentuk koin.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, uang rupiah baru ini tidak ditujukan untuk peredaran secara bebas dan hanya dicetak terbatas.Uang tersebut juga bukan sebagai tambahan likuaditas kebutuhan pembiayaan.

Peluncuran uang rupiah khusus ini adalah untuk memperingati peristiwa atau tujuan khusus, dalam hal ini adalah peringatan kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.

“Mata uang ini berbentuk uang kertas pecahan nominal Rp 75.000 dengan jumlah lembar yang dicetak 75 juta lembar. Ditandatangi oleh Menkeu selaku wakil pemerintah dan Gubernus BI,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual peluncuran rupiah edisi khusus, Senin (17/8/2020).


Mata uang kertas Rp 75.000 didominasi oleh warna merah, putih, dan hijau. Tema dan makna filosofisnya adalah mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang.

Tema tadi digambarkan melalui desain mata uang yang meliputi halaman muka dengan peristiwa kemerdekaan 17 Agustus 1945 oleh Proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta.

Desain juga dilengkapi dengan berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia, di antaranya adalah jembatan, MRT, dan tol Trans Jawa.

Tema pada halaman belakang mata uang memiliki makna memperteguh kemerdekaan, dengan desain meliputi anak-anak berpakaian adat mewakili wilayah barat, tengah, dan timur Indonesia.

Diselipkan juga motif tenun nusantara, yang mewakili tenun dari Bali, batik kawung dari Jawa, dan songket khas Sumatera Selatan yang menggambarkan kebaikan, keanggunan, dan kesucian.

Masih di halaman belakang, ada gambar satelit merah putih sebagai jembatan komunikasi NKRI, memiliki makna menyongsong masa depan gemilang di era digital.

Sementara itu, peta Indonesia emas pada bola dunia melambangakan peran strategis Indonesia dalam kancah global. Sedangkan gambar anak-anak memakai pakaian tradisional menggambarkan SDM yang unggul untuk masa depan.

Berita Lainnya