Baru Mulai Main Mobile Legends? Pahami Istilah-istilah Ini Supaya Langsung Jadi Pro Player!

Kawula Muda, mabar yuk!

Aplikasi gim Mobile Legends.
Wed, 17 Mar 2021

Tidak bisa dimungkiri bahwa pandemi memang mengubah hidup kita dari segala sisi, salah satunya mengenai hobi. Banyak yang mulai bercocok tanam, berolahraga seperti workout dan bersepeda, latihan memasak, membuka online shop, menjadi pencinta drama korea atau serial Netflix, hingga mulai bermain game online. 

Permainan online, baik lewat konsol ataupun handphone memang sudah digemari sejak dulu dan dijadikan pilihan untuk mengusir rasa bosan.

Walau begitu, di situasi pandemi ini ada juga sekelompok orang yang baru mencoba untuk bermain game online. Salah satu game online yang paling digemari adalah permainan Mobile Legends Bang-Bang atau biasa disingkat dengan MLBB. 

Bagi yang baru terjun ke permainan ini mungkin akan mengalami sedikit kesulitan, karena menemukan istilah-istilah asing, apalagi ketika bermain bersama-sama.

Istilah-istilah yang banyak digunakan ketika main bareng atau mabar antara lain adalah Cool Down (CD), Away From Keyboard (AFK), Good Game (GG), KDA, Buff, Ganking, Farming, Early, Mid, Late Game, Roaming, Solo dan Offlane, Carry, Bait.

CD adalah istilah yang diucapkan ketika harus menunggu beberapa saat sampai skill bisa digunakan kembali. AFK diucapkan ketika pemain harus meninggalkan permainan sementara dan sebagai isyarat agar teman sesama timnya bisa bahu-membahu mengisi kekosongan peran.

Istilah GG digunakan ketika seluruh pemain bisa bermain dengan baik, biasanya juga bisa ditambahkan menjadi GGWP atau Good Game Well Played. KDA menjelaskan jumlah. Sudah berapa banyak jumlah membunuh, assist dan kematian, semua ditampilkan dengan nilai statistik.

Buff menggambarkan penambahan status dari hero atau karakter yang dimainkan. Penambahan status akan didapatkan setelah menyelesaikan permainan. 

Menyusul kemudian istilah ganking, yang menggambarkan aktivitas permainan untuk gerakan membunuh musuh dengan cara mengepung bersama teman satu tim. Farming diambil dari kata farm adalah istilah untuk menggambarkan kegiatan bertani dan dalam MLBB, farming juga untuk menggambarkan kegiatan mencari emas atau gold. 

Early, Mid, Late Game menjelaskan fase atau waktu permainan yang harus diperhatikan saat bermain MLBB. Karena permainan ini membutuhkan strategi, pengucapan tiap fase diperlukan untuk memberikan informasi kepada teman sesama tim pada saat membunuh lawan. 

Roaming sering diucapkan oleh teman kepada kita sebagai pertanda untuk meminta bantuan dan berjalan dari satu lane ke satu lane lainnya.

Di saat roaming inilah tiap pemain diharapkan bisa memaksimalkan perannya untuk memperoleh kemenangan. Solo dan Offlane, disebutkan ketika memisahkan diri dari teman satu tim di dalam permainan. 

Carry merupakan istilah yang digunakan untuk meng-cover permainan teman satu tim supaya performa tim jadi meningkat. Lalu terakhir ada istilah bait yakni ungkapan untuk memancing musuh keluar dari strateginya sendiri. 

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya