Ciputat jadi Kota Terpanas di Indonesia, Mengalahkan Bekasi!

jangan lupa minum air mineral, Kawula Muda!

Ilustrasi teriknya matahari (UNSPLASH)
Fri, 13 May 2022

Setelah sekian lama terkenal dengan suhunya yang panas, posisi Bekasi berhasil dikalahkan Ciputat, nih. Selama sepekan terakhir, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan daerah Ciputat, Tangerang Selatan pemegang rekor cuaca terpanas di Indonesia.

Berdasarkan pantauan BMKG, wilayah di Indonesia punya suhu panas yang beragam tiap harinya. Suhu maksimum berkisar antara 33-36,1 derajat Celsius di Indonesia. 

Pantauan Suhu di Indonesia 11/5 (Twitter/InfoBMKG)

 

Walaupun Bekasi sering disebut sebagai wilayah paling panas, nyatanya Ciputat jadi daerah dengan suhu paling panas di Jabodetabek. Wilayah Ciputat dilaporkan mengalami kenaikan suhu sampai 36 derajat Celsius loh! 

Posisi lintang, topografi, jarak dari lautan, sirkulasi udara, dan faktor lokal seperti tutupan lahan mempengaruhi kondisi suhu udara permukaan di suatu wilayah secara lokal menurut penjelasan Kabid Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saefudin. 

Miming juga mengatakan wilayah Ciputat memiliki tutupan lahan yang didominasi bangunan dan minimnya area pepohonan yang berpengaruh pada peningkatan suhu udara permukaan wilayah.

Nah, BMKG menginformasikan saat ini sebagian besar wilayah Jawa sudah memasuki awal musim kemarau, sedangkan sebagian lainnya masih dalam tahap periode transisi. Menurut pantauan BMKG suhu maksimum terjadi di wilayah Tangerang, Banten dan Kalimarau, Kalimantan Utara. 

Hal ini membuat wilayah Ciputat berada di urutan ketiga sebagai wilayah dengan suhu terpanas di Indonesia.

Berita Lainnya