Depok Akan Menjadi Kota Pertama di Jawa Barat yang Terima Vaksin Covid-19

Kawula Muda, setelah mendapati pasien corona pertama kali, Depok dikatakan akan menerima vaksin Covid-19 pertama kali.?

Gubernur Jawa Barat. Ridwan Kamil. (INSTAGRAM/@ridwankamil)
Wed, 09 Dec 2020

Gubernur Ridwan Kamil merencanakan Depok sebagai kota pertama yang akan mendapatkan vaksin Covid-19 di wilayah Jawa Barat.

Menurut Ridwan Kamil, Kota Depok menjadi wilayah penyumbang kasus harian Covid-19 terbesar di Jawa Barat.

"Kalau usulan saya disetujui pemerintah, maka warga Depok sudah mulai ada yang divaksin pada Desember," ujar Ridwan Kamil, pada Oktober 2020. 

Vaksin Covid-19 Sinovac yang baru mendarat pada 6 Desember 2020 merupakan salah satu dari enam jenis vaksin yang telah dipesan oleh pemerintah. 

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan bahwa Pemda Provinsi Jabar memprioritaskan seluruh daerah Jawa Barat yang ada di zona merah. 

Vaksin akan berfokus pada lima daerah di Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok, serta Kota dan Kabupaten Bekasi sebagai wilayah yang menyumbang 70 persen kasus Covid-19 di Jawa Barat. 

Setiawan juga menegaskan, pihaknya akan menghitung dan memetakan prioritas penerima vaksin Covid-19 tahap pertama yang dibeli oleh pemerintah pusat.

Rencana pemerintah Jawa Barat ini berhasil mencuri perhatian warganet di Twitter, termasuk akun @tubbirfess.

"Depok memang kota percobaan, kalau Covid backfired dan zombie apocalypse, dimulainya dari Depok," guyon @tubbirfess. 

Cuitan dari akun itu mendapat like lebih dari 18.000 akun di Twitter. Tidak hanya like, cuitan tersebut ikut memancing komentar jenaka dari warganet lainnya. 

"Bayangin, vaksin covid yang datang sekarang itu buatan umbrella corp. Dan setelah dicoba di Depok, Depok jadi kota zombie dan kita akan bertarung hidup atau mati melawan zombie, dan terjadi penjarahan di mana mana, dan peradaban lenyap seketika. Bayangin aja dulu," komentar akun @jerryselalusad.

Berita Lainnya