Indonesia-Malaysia akan Dihubungkan dengan Jembatan Sepanjang 120 Km

Pasti bakal keren banget, Kawula Muda

Ilustrasi Jembatan (UNSPLASH)
Fri, 16 Sep 2022


Kawula Muda, sudah dengar soal jembatan yang akan menghubungkan Indonesia-Malaysia? Lo enggak salah dengar, Kawula Muda. Indonesia dan Malaysia akan terhubung melalui jembatan sepanjang 120 km! 

Jembatan tersebut akan dibangun di Telok Gong di Masjid Tanah Melaka, Malaysia, dan Dumai di Sumatera, Indonesia!

Faktanya, jembatan sepanjang 120 km tersebut setara dengan panjang tol Cipularang yang menghubungkan Bandung-Jakarta, loh! Jadi, Kawula Muda dapat berkunjung ke Malaysia lewat jalur darat dengan nyaman. 

Ketua Komite Investasi, Industri, Pengembangan Wirausaha, dan Koperasi Melaka Ab Rauf Yusoh mengatakan proyek sepanjang 120 km itu akan dikembangkan dengan kerja sama sektor swasta.

"Usulan proyek tersebut telah diajukan oleh pihak swasta. Kedua negara pada prinsipnya telah sepakat untuk melakukan studi rinci mengenai hal tersebut," kata Rauf Yusoh, mengutip CNN (09/09/2022)

Rauf mengatakan jembatan ini akan dibangun dengan konsep One Belt, One Road sehingga ini akan menjadi ikon baru bagi Malaysia dan Indonesia. Ternyata, proyek ini akan melibatkan pembangunan infrastruktur lainnya, misalnya area penyebaran lalu lintas dan kompleks imigrasi, bea cukai, karantina dan keamanan.

Selain itu, kawasan industri baru akan dikembangkan secara bertahap di Masjid Tanah seluas sekitar 2.023 hektar.

Proyek tersebut diperkirakan membutuhkan waktu 20 tahun itu akan menghubungkan Telok Gong di Masjid Tanah, Melaka, dengan Dumai di Sumatra.

Bagaimana menurut Kawula Muda?

Berita Lainnya