India dan Vancouver Kalah, Jakarta Jadi Kota Termahal ke-20 di Dunia!

Kawula Muda, kalian setuju ga sih dengan statement ini?

Kota Jakarta (dreamstime)
Wed, 14 Apr 2021

Jakarta masuk kedalam daftar besar kota dengan biaya hidup termahal di dunia versi Bank Julius Baer’s Global Wealth and Lifestyle Report 2021.

Dalam laporan tersebut menjukan Jakarta berada di urutan ke-20 dan mengalahkan kota Mumbai yang merupakan pusat Bollywood India dan Vancouver, Kanada.

Indikator penilaian ini sendiri dilihat dari biaya hidup yang dikeluarkan oleh kaum crazy rich yang berpendapatan 1 juta dolar AS atau senilai dengan Rp 14 miliar. Sementara untuk faktor pengukur pengukur biaya hidup mulai dari harga whisky, perhiasan, mobil mewah, perawatan kecantikan, hingga bantuan hukum.

Menanggapi laporan tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria pun terkejut dan menanggapi indikator dan parameter yang digunakan.

“Nanti kita cek kenapa kita katakana mahal, indikatornya apa, parameternya apa, sudut mana yang dilihat? Harga-harga terjangkau dengan baik, tidak ada yang mahal di Jakarta, sesuai kemampuan kita termasuk kebutuhan pangan, termasuk saat musim Ramadan dan Idul Fitri.” ujar Riza.

Berikut merupakan deretan lengkap kota termahal dunia versi Bank Julius Bae:

1. Shanghai

2. Tokyo

3.. Hong Kong

4. Monaco

5. Taipei

6. Zurich

7. Paris

8. London

9. Singapura

10. New York

11. Bangkok

12. Dubai

13. Milan

14. Sydney

15. Barcelona

16. Manila

17. Frankfurt

18. Moscow

19. Miami

20. Jakarta

21. Sao Paulo

22. Mumbai

23. Mexico City

24. Vancouver

25. Johannesburg

Berita Lainnya