Limbah Tes Antigen Mengotori Selat Bali

Kawula Muda, ternyata bukan limbah biasa yang memenuhi Selat Bali. Namun tes antigen!

Sampah bekas tes antigen menyelimuti Selat Beli. (seru.co.id)
Wed, 02 Feb 2022

Selat Bali terlihat dipenuhi oleh limbah bekas Rapid Test Antigen. Warga menyatakan kekhawatiran mereka karena terjadinya peristiwa tersebut karena limbah tes antigen dapat mengganggu ekosistem yang ada di laut.

Sebuah video yang memperlihatkan tumpukan sampah yang tergolong berbahaya tersebut sempat viral di Banyuwangi. Dalam video tersebut terlihat banyaknya limbah tes antigen yang berserakan di sepanjang pantai Selat Bali.

"Jumlahnya lumayan banyak, ada ribuan. Sangat memprihatinkan," ucap Danil selaku perekam video yang viral tersebut.

Menurut Danil, di sekitar lokasi pembuangan sampah tes antigen tersebut banyak berdiri kios-kios klinik yang memang menjual rapid test antigen. Danil berspekulasi bahwa sampah limbah berbahaya itu sengaja dibuang ke laut.

Danil merasa harus mengabadikan momen tersebut karena dinilai mengganggu aktivitasnya sebagai nelayan. Airnya terlihat sangat jorok dan membahayakan warga.

Bekas bungkus tes antigen tersebut dilaporkan milik salah satu klinik yang ada di sekitar pantai. Polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap orang yang diduga membuang sampah tes antigen tersebut.

Danil berharap tidak ada lagi orang yang membuang limbah ke laut. Pencemaran laut sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar serta kelangsungan hidup warga di pesisir.

Berita Lainnya