Menteri Terawan Diundang ke Mata Najwa, tetapi Najwa Shihab Malah Wawancarai Kursi Kosong?

Kawula Muda, Menteri Terawan enggak hadir di Mata Najwa, kira-kira ke mana ya?

Presenter Mata Najwa, Najwa Shihab. (INSTAGRAM/MATA NAJWA)
Tue, 29 Sep 2020

Baru-baru ini viral di media sosial Twitter tagar #MataNajwaMenantiTerawan. Tagar tersebut ramai dicuitkan pada Senin (28/9/2020) malam karena tweet akun @MataNajwa mengunggah video Najwa Shihab mewawancarai kursi kosong.

Tadinya kursi tersebut akan diduduki oleh Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto. Tetapi, tanpa ada kejelasan ia tak hadir dalam undangan tersebut.

Dalam video berdurasi 4 menit lebih itu Najwa melontarkan kurang lebih 10 pertanyaan. Ia menanyakan tentang penanganan kasus Covid-19 di Tanah Air yang terus naik, mengapa jarang muncul di ruang publik, kenapa Indonesia tertinggal dari negara lain yang berangsur membaik, dan lain-lain.

Tweet akun Mata Najwa. (TWITTER/MATA NAJWA)

 

Menurut Najwa, kehadiran pejabat seperti Terawan sangat diperlukan untuk menjelaskan kepada publik terkait situasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Tak ada yang lebih otoritatif selain menteri untuk membahasakan kebijakan-kebijakan itu kepada publik, termasuk soal penanganan pandemi," kata Najwa, Selasa (29/9/2020).

Oleh karena itu Mata Najwa memberikan ruang kepada Menteri Terawan untuk menjelaskan kepada publik melalui mekanisme dua arah atau diskusi.

"Selama ini, penanganan pandemi terkesan terfragmentasi, tersebar ke berbagai institusi yang bersifat ad-hoc, sehingga informasinya terasa centang perenang," ujar Najwa.

Pertanyaan netizen ke Menteri Terawan. (INSTAGRAM/MATA NAJWA)

 

Terawan kini juga jarang tampil di depan publik. Dia menghilang seiring bertambahnya jumlah kasus positif covid-19 di Indonesia.

Pada beberapa kesempatan, ia tampak di ruang publik, seperti ketika mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menerima alat kesehatan dan China di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta pada Senin (23/3/2020).

Kemudian ia terlihat pada saat penerimaan alat kesehatan dari Sinar Mas Indonesia dan Chamber of Commerce in China (INACHAM) di Jakarta pada Sabtu (28/3/2020).

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian mengatakan bahwa Terawan jarang tampil karena sedang fokus menyiapkan fasilitas kesehatan bagi pasien covid-19.

"Beliau sibuk sekarang memobilisasi alkes, menyiapkan faskes (fasilitas kesehatan) dan nakes (tenaga kesehatan)," kata  Donny.

Buat kamu yang penasaran bisa melihat tayangan Mata Najwa di bawah ini.



  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya