Selamat Ulang Tahun Pak Jokowi Presiden Metal!

Hai Kawula Muda, hari ini Presiden Joko Widodo ulang tahun ke-59.

Presiden RI Joko Widodo. (INSTAGRAM/JOKOWI)
Sun, 21 Jun 2020

Berbeda dengan sosok presiden-presiden Republik Indonesia sebelumnya, Joko Widodo memang unik, terutama untuk urusan selera musik.

Sedari muda, Jokowi memang pencinta sejati band-band dunia beraliran cadas, seperti Metallica, Judas Priest, dan Megadeth.

Tak hanya hobi mendengarkan lagu-lagu full distorsi dan suara keras, Jokowi juga kerap menghadiri konser mereka.

Bahkan sang anak, Kaesang Pangarep, sempat melontarkan kejenuhannya saat satu mobil dengan sang ayah dan harus mendengar musik rock sepanjang perjalanan.

Ini dia beberapa kisah menarik Jokowi dengan beberapa band metal dunia favoritnya.

1. Metallica

Pada 2013, Jokowi menonton langsung konser James Hetfield dan kawan-kawan saat manggung di Gelora Bung Karno (GBK). Saking senangnya, band cadas asal Los Angeles, AS, tersebut memberikan beberapa benda milik mereka ke Jokowi. 

Sang bassist Robert Trujillo memberikan gitarnya, sementara drummer Lars Ulrich menghadiahi box set Mettalica yang dititipkan kepada Perdana Menteri Denmark, Lars Lokke Rasmussen.

2. Judas Priest

Mengetahui Presiden ke-7 Indonesia menyukai band mereka, melalui Twitter, band metal asal Inggris, Judas Priest, yang saat itu akan menggelar konser di Jakarta pada 7 Desember 2018,  mengundang Jokowi agar bersedia menghadiri konser mereka.

“Dear President @Jokowi – We cordially invite you to attend our shoe in 7th December at Echopark Ancol and will be extremely honoured by your acceptance (Dear Presiden Jokowi, dengan hormat kami mengundang Anda untuk menghadiri konser kami pada 7 Desember di Echopark Ancol dan kami akan sangat tersanjung jika Bapak bersedia),” tulis mereka di akun Twitter.

3. Guns N’ Roses

Tak hanya menggemari lagu-lagunya, Jokowi juga nonton langsung aksi Axl Roses dan kawan-kawan saat mereka menggelar konser di gedung indoor Mata Elang International Stadium (MEIS) Ancol, pada 2018. 

Saat itu Jokowi bahkan terlihat mengenakan kaus bergambar Gun’s N Roses.

4. Lamb of God

Randy Blythe, vokalis Lamb of God, dengan bangga menceritakan sosok Jokowi saat tahu sang Presiden pernah mengunggah foto dirinya mengenakan kaus band groove metal asal Virginia, AS, tersebut.

Dalam kolom Instagramnya, Randy banyak berkomentar tentang sosok Jokowi yang menurutnya adalah seorang penggila musik heavy metal.

5. Megadeth

Band metal Megadeth juga tak mau ketinggalan. Mereka mengundang Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menyaksikan konser mereka di Yogyakarta. Hal itu diungkapkan di cuitan akun Twitter resmi mereka pada September 2018. 

Grup musik cadas asal Amerika ini memang menjadi salah satu band yang paling sering didengarkan oleh Jokowi. 

Selamat ulang tahun ke-59, Presiden Joko Widodo. You rock, Pak!

Berita Lainnya