Sempat Heboh, Aksi Tom Cruise di TikTok Ternyata Tak Nyata

Kawula Muda, apa kamu sempat lihat video Tom Cruise di Tiktok? Ternyata itu nggak nyata, loh!

Tom Cruise yang ditampilkan menggunakan teknologi deepfake. (Tiktok/deeptomcruise)
Thu, 04 Mar 2021

Warganet sempat dihebohkan dengan keberadaan video Tiktok @deeptomcruise yang menampilkan wajah aktor Mission: Impossible, Tom Cruise.

Dalam video tersebut, Tom Cruise sedang memakai pakaian bermotif bunga sambil menunjukkan aksi sulap dan bermain golf. Ia merekam setiap aksinya yang tampak realistis layaknya content creator di TikTok.

Sontak video tersebut memperoleh perhatian warganet hingga ditonton sebanyak 11 juta kali di Tiktok. Namun, aksi itu justru mengundang kecurigaan karena Tom Cruise hampir tak pernah melakukan hal-hal demikian.

Setelah ditelusuri, video tersebut memang tak dibuat oleh Tom Cruise.

Laporan Fortune menyebutkan bahwa video tersebut merupakan buatan seorang spesialis efek dari Belgia bernama Chris Ume. Ia menggunakan teknologi deepfake untuk menciptakan video dengan wajah dan suara aktor Tom Cruise.

Rupanya, Tom bukan satu-satunya aktor yang ditiru menggunakan teknologi ini. Sebelumnya, Tobey Maguire dan Lynda Carter juga pernah dimunculkan melalui deepfake oleh penggemar.

Seiring dengan kejadian tersebut, muncul kekhawatiran mengenai kemungkinan pelanggaran privasi yang bisa timbul dari keberadaan teknologi ini. Di sisi lain, TikTok belum memberi komentar terkait hal tersebut.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya