Siswa di Indonesia Bawa Pulang 5 Medali Olimpiade Matematika Internasional 2022

Satu lagi anak bangsa yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia nih Kawula Muda

Siswa Indonesia Raih 5 Medali di Olimpiade Matematika Internasional 2022(Dok. Kemendikbud Ristek)
Fri, 22 Jul 2022


Enam siswa Indonesia mencatat prestasi yang membanggakan, setelah berhasil membawa 5 medali pada ajang International Mathematical Olympiad (IMO) ke-63 tahun ini.

Lebih detail, mereka berhasil meraih satu medali perak, empat medali perunggu, dan satu honourable mention pada kompetisi yang berlangsung di Oslo, Norwegia.

Keenam siswa tersebut di antaranya, Rafael Kristoforus Yanto (SMAK Penabur, Gading Serpong) sebagai peraih medali perak. Kemudian, keempat medali lainnya merupakan medali perunggu, yang masing-masing diraih oleh Sandy Kristian Waluyo (SMAK Penabur, Cirebon), Maulana Satya Adigama (SMA Taruna Nusantara, Jawa Tengah), Evelyn Lianto (SMAK Mawar Sharon, Surabaya), dan Vanya Priscillia (SMAK Petra 2, Surabaya). Untuk penghargaan Honourable Mention diraih oleh Andrew Daniel Janong (SMAK 5 Penabur, Jakarta).

Keenam siswa berprestasi tersebut harus bersaing bersama 589 siswa lainnya, yang berasal dari berbagai negara di dunia.

Logo IMO (Wikipedia)

Olimpiade sains tertua dan terbesar ini diselenggarakan selama dua hari. Saat pelaksanaan para peserta harus mengerjakan enam soal matematika yang masing-masing terdiri dari tiga soal per hari dan diberi waktu sekitar 4,5 jam.

Asep Sukmayadi selaku Pelaksana Tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memberikan pujian kepada peserta dan semua yang terlibat dalam prestasi ini. Asep mengatakan bahwa perjuangan para siswa ini begitu luar biasa, lantaran masa pembinaan terkendala masa pandemi.

"Hasil yang dicapai oleh siswa-siswa Indonesia dengan mendapatkan satu medali perak, empat medali perunggu, dan satu honourable mention merupakan prestasi yang luar biasa di tengah berbagai keterbatasan yang dialami dalam sistem pembinaan tim di masa pandemi ini," ujar Asep Sukmayadi.

Asep juga menambahkan bahwa para siswa ini bisa menjadi orang berpengaruh di masa yang akan datang.

"Para peserta IMO ini, sebagaimana telah terbukti sebelumnya, di masa yang akan datang menjadi para ilmuwan, matematikawan, insinyur, dan ekonom yang memberikan kontribusi besar bagi kemajuan ilmu dan teknologi," tambahnya.

Berita Lainnya