Stasiun Matraman Siap Beroperasi

Kawula Muda, udah siap nyobain Stasiun Matraman?

Stasiun Manggarai (EKONOMI BISNIS)
Mon, 13 Jun 2022


KAI Commuter akan mengoperasikan Stasiun Matraman guna mengurangi penumpukan penumpang imbas penerapan switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai belakangan ini. Stasiun Matraman sendiri berada di antara lintas Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara.

Anne Purba selaku VP Corporate Secretary KAI Commuter mengatakan, Stasiun Matraman diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif bagi pengguna untuk naik dan turun di kedua stasiun tersebut.

"Dalam waktu dekat ini, KAI Commuter bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT KAI Daop 1 akan mengoperasikan Stasiun Matraman," ungkap Anne dalam keterangan resminya, pada Senin (13/6/2022).

Tetapi, Anne tidak menjabarkan lebih lanjut mengenai kapan tepatnya Stasiun Matraman akan dioperasikan untuk publik.

KAI Commuter saat ini telah melakukan uji coba perjalanan KRL, uji coba sistem persinyalan, serta uji coba prasarana. Anne juga memastikan seluruh fasilitas dapat berfungsi dengan baik sebelum dibuka untuk umum.

"Untuk keamanan dan keselamatan stasiun ini juga dilengkapi dengan CCTV, alat pemadam kebakaran (APAR), sistem alarm kebakaran, dan penangkal petir," lanjut Anne.

Stasiun Manggarai (KOMPAS)

Beberapa fasilitas yang telah disiapkan di Stasiun Matraman di antaranya, loket, ruang pelayanan barang tertinggal, ruang laktasi, pos kesehatan, toilet, musala, fasilitas untuk pengguna distabilitas, lift, eskalator, dan area parkir.

Sebagai tambahan, Stasiun Matraman berada di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur. Stasiun tersebut dekat dengan wilayah Kampung Melayu, Jatinegara, dan Manggarai. Sisi timur stasiun nantinya akan langsung terhubung dengan Jalan Raya Matraman dan terintegrasi dengan halte bus TransJakarta koridor 5.

Nantinya, Stasiun Matraman ini dapat menjadi opsi alternatif bagi pengguna KRL yang ingin berhenti di Stasiun Manggarai atau Stasiun Jatinegara.

Berita Lainnya