Terulang Lagi, Pesawat Rusia Antonov An-26 Menelan Korban

Kawula Muda, tahun 2012, pesawat keluaran maskapai itu juga sempet nabrak gunung nih

Pesawat Antonov An-26. (Dok. RUSSIAN EMERGENCIES MINISTRY)
Wed, 07 Jul 2021

Pesawat Antonov An-26 merupakan pesawat angkut militer dan sipil bersayap tinggi (high wing). Pesawat yang memiliki mesin turboprop ganda itu lahir dari maskapai Kamchatka Aviation Enterprise dan dibuat di masa Uni Soviet.

Pada Selasa (6/7/2021), dilansir CNN Indonesia, Reuters melaporkan bahwa pesawat Antonov An-26 dikabarkan jatuh di Semenanjung Kamchatka, Rusia.

Pasalnya, Badan Penerbangan Sipil Rusia mengatakan pesawat itu baru saja lepas landas dari Petropavlovsk-Kamchatsky, dan ingin mendarat di Palana. Namun, pesawat itu malahan menabrak tebing sebelum landing.

Tim penyelamat pun telah dikerahkan ke lokasi peristiwa tersebut. Nahasnya, mereka tak menemukan korban yang selamat di lokasi.

Menurut laporan TASS, pesawat yang telah beroperasi sejak 1982 itu mengangkut 22 penumpang dan enam awak. Dengan kondisi cuaca yang berawan, kemungkinan kecelakaan pesawat itu terjadi akibat jarak pandangnya yang terbatas.

Kejadian ini bukan kali pertama. Pada tahun 2012 lalu, pesawat Antonov An-28 dengan maskapai yang sama, juga menabrak gunung saat terbang dari Petropavlovsk-Kamchatsky ke Palana. 

Asal dan tujuan yang sama, bukan? Dari kecelakaan itu, 10 dari 14 penumpang dan awak dinyatakan meninggal. Dua di antara yang meninggal adalah pilot dan kopilot.

Namun, dari laporan autopsi, dalam darah jasad pilot dan kopilot ditemukan kandungan alkohol.

Dengan kejadian itu, pemerintah Rusia meningkatkan standar keselamatan penerbangan dalam beberapa tahun terakhir.

Berita Lainnya