Tiket Candi Borobudur jadi Paling Mahal di antara 5 Situs Budaya Dunia Ini

Kawula Muda, udah pernah ke wisata budaya di bawah ini belum?

Candi Borobudur (Kemendikbud.go.id)
Thu, 09 Jun 2022

Pemerintah merencanakan kenaikan tiket Candi Borobudur menjadi Rp 750 ribu untuk wisatawan lokal, sementara untuk wisatawan asing menjadi 100 dolar AS.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebut pemerintah sepakat untuk membatasi kuota turis yang berkunjung ke Candi Borobudur menjadi hanya 1.200 orang per hari.

Kedua rencana tersebut bertujuan untuk kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara. Harga tiket naik ke Candi Borobudur ini menjadi yang paling mahal dengan beberapa situs budaya dunia

Lihat perbandingannya, yuk:

1. Piramida Giza, Mesir

Melansir dari Pyramid of Giza, harga tiket masuk Piramida Giza di Mesir berkisar antara 200 EGP sampai 600 EGP atau Rp 155 ribu sampai Rp 466 ribu untuk dewasa.

Sedangkan untuk pelajar harganya berkisar 100-300 EGP atau sekitar Rp 77 ribu sampai Rp 233 ribu.

Untuk harga termurah dibanderol dengan Rp 155 ribu, namun Kawula Muda tidak dapat masuk ke Great Pyramid, Pyramid of Khafre, Pyramid of Menkaure, Worker's Cemetery, atau the Solar Boat Museum

2. Menara Pisa, Italia

Si menara miring yang pasti Kawula Muda tahu banget ini, memiliki harga tiket masuk jauh di bawah Candi Borobudur.

Dilansir dari towerofpisa.org, harga tiket yang harus dibayar untuk bisa masuk ke Menara Pisa sekitar 18 euro.

Harga 18 euro atau Rp 278 ribu, pengunjung bisa masuk ke dalam Menara Pisa dan naik sampai ke puncak menara. Perlu diingat, anak berusia 8 tahun tidak diperbolehkan untuk masuk.

3. Taj Mahal, India

Monumen yang dibangun dari kisah pasangan romantis ini tentu menjadi salah satu situs budaya yang dinikmati turis.

Harga tiket masuk Taj Mahal juga beragam nih, Kawula Muda, dari weekend atau weekday, kecuali Jumat karena tutup.

Berkisar pada 50 rupee atau Rp 9 ribu untuk warga lokal dan 1100 rupee atau Rp 204 ribu untuk warga asing. Kalau ingin pergi ke area lain di Taj Mahal, harus membayar tiket tambahan.

4. Tembok Besar China, China

Situs budaya ini bisa dinikmati dengan mulai dari CNY 30 - CNY 65 atau Rp 65 ribu - Rp 141 ribu per orang.

Ada juga perubahan waktu tertentu yang membuat harga tiket melonjak tinggi. Paket tur lengkap menurut Travel China Guide, bisa diambil juga, nih, Kawula Muda dengan harga mulai Rp 1,1 juta hingga Rp 2,1 juta.

5. Wat Arun, Thailand

Wat Arun menjadi Candi Budha sekaligus situs paling terkenal di Bangkok, Thailand.

Berdasarkan situs tourismthailand.org, tiket masuk untuk Wat Arun senilai 50 Thai Baht atau sekitar Rp 21 ribu. Rencananya, harga tersebut akan naik menjadi 100 Baht atau sekitar Rp 42 ribu per orang untuk turis mancanegara.

Perlu diingat, adanya kenaikan tiket Borobudur dan pembatasan jumlah wisatawan yang naik ini tentu untuk melestarikan cagar budaya dan sekaligus menjaga tempat ibadah umat Buddha, mengingat candi tersebut diperkirakan sudah ada sejak abad kedelapan.

Berita Lainnya