Viral Pegunungan di Makkah Berubah jadi Hijau, Apa Penyebabnya?

Ternyata ini alasannya, Kawula Muda...

Pegunungan di Mekah, Arab Saudi, menghijau usai hujan deras beberapa waktu terakhir (FACEBOOK/Haramain Sharifain)
Mon, 09 Jan 2023


Sebuah video memperlihatkan pegunungan di Makkah, Arab Saudi berubah menjadi hijau membuat warganet heboh, nih Kawula Muda. Pasalnya, di Negara tersebut didominasi oleh gurun dan tanah yang gersang.

Melansir dari Arabia Weather, fenomena ini terjadi lantaran beberapa bagian Arab Saudi sering terjadi hujan sejak Desember 2022. Curah hujan ini datang dengan kecepatan yang hampir terus menerus untuk periode yang sangat lama dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dalam laporan Pusat Meteorologi Nasional pun menyebut bahwa hujan yang mengguyur terkadang disertai hujan es dan kurangnya jarak pandang horizontal dan hujan lebat.

Berikut adalah foto penampakan pegunungan di wilayah Jeddah, Makkah Al-Mukarramah dan Al-Madinah Al-Munawwarah lewat Satelit Sentinel-2 dari program observasi Bumi Eropa Copernicus:

Pegunungan di Mekah, Arab Saudi, menghijau usai hujan deras beberapa waktu terakhir (FACEBOOK/Haramain Sharifain)

 

Di Arab Saudi bagian barat, hal itu menyebabkan kasus ketidakstabilan atmosfer yang berulang dan udara lembap di lapisan atmosfer.

Maka dari hasil curah hujan yang melimpah, terutama di wilayah barat Arab Saudi, area gurun di sana menumbuhkan tanaman hijau yang luas.

Laporan dari situs Haramain Sharifain menyebut situasi tersebut akan kembali tandus setelah musim penghujan berakhir nanti.

Dalam situs Earth Observatory Lembaga Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), bioma (ekosistem luas) gurun adalah yang paling kering dari semua bioma. Sebagian besar gurun menerima kurang dari 300 mm setahun dibandingkan dengan ekosistem hutan hujan yang menerima lebih dari 2.000 mm.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, suhu di padang pasir juga berubah drastis dari siang ke malam karena udaranya sangat kering sehingga cepat keluar di malam hari.

Jadi, ini bukan pertanda atau akibat yang aneh-aneh, ya Kawula Muda.

Berita Lainnya