Wisuda di Puncak Gunung, Kampus Ini Dapat Rekor Muri

Kawula Muda, kapan lagi dapet kenangan berharga bisa wisuda di atas puncak gunung.

Wisuda di Puncak Gunung. (INSTAGRAM/@mountnesia)
Mon, 23 Nov 2020

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim Jambi (STIKBA Jambi) mendapat setrifikat rekor Muri. Penghargaan diberikan karena pelaksanaan wisuda yang unik dan kreatif. 

STIKBA Jambi menggelar proses wisuda di Abadi Convention Center Jambi dan di atas puncak Gunung Marapi setinggi 2.891 mdpl. Prosesi kelulusan 224 mahasiswa berlangsung pada Kamis (12/11/2020).  

Wisuda di Puncak Gunung. (INSTAGRAM/@filiuschandra)

  

Proses pelaksanaan wisuda di puncak gunung tersebut dipimpin langsung oleh Ketua STIKBA Jambi, Perwakilan senat, dan satu orang perwakilan mahasiswa. Sementara itu, 233 mahasiswa lainnya berada di Gedung Abadi Covention Center Jambi. 

Pihak Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) memberikan dua sertifikat penghargaan "Prosesi Wisuda Perguruan Tinggi secara Daring pertama dari Puncak Gunung" kepada STIKBA Jambi dan Ketua STIKBA Jambi Dr. Filius Chandra, SE, MM.

"Tidak ada yang instan, semua butuh perjuangan untuk mencapai tujuan, tidak ada yang bisa menghalangi kesuksesanmu kecuali dirimu sendiri, keep spirit, wisuda di puncak gunung," tulis Filius Chandra di akun Instagram pribadinya. 


Wisuda unik di atas bukanlah yang pertama kali digelar. Berkut ini beberapa perguruan tinggi yang pernah mengadakan prosesi wisuda dengan kreatif dan unik. 

1. Wisuda Minecraft, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. 

ITS menggunakan kemampuan teknologi untuk membantu menghindari kontak langsung saat wisuda. ITS memilih Minecraft sebagai sarana pelaksanaan. Dalam prosesi online, seluruh tampilan dibuat seperti lokasi kampus dalam Minecraft. Wisudawan melakukan komunikasi melalui Discord.

2. Wisuda Drive-thru, Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta.

Wisuda drive-thru, Delman. (YOUTUBE/universitassebelasmaret).

 

Menggelar prosesi wisuda pada masa pandemi, UNS memilih cara drive-thru. Para wisudawan yang terpilih menjalani prosesi itu dengan bantuan transportasi ramah lingkungan, seperti delman, becak, sepeda, dan lainnya. Acara ini dilakukan dengan mematuhi seluruh protokol kesehatan Covid-19. 

3. Wisuda Robot, Universitas Diponegoro (Undip), Semarang.

Wisuda Robot. (UNDIP.CO.ID)

 

Wisuda ke-159 yang dilakukan secara daring ini dilakukan menggunakan bantuan robot. Robot memakai busana ala mahasiswa yang sedang wisuda dengan memegang alar penyangga di tangan untuk sertifikat. Tidak hanya itu, wajah robot juga diganti dengan layar tablet yang terhubung dengan mahasiswa yang sedang wisuda. 

Robot berdiri di atas kotak dengan roda dan mesin penggerak. Pergerakan robot pun dibantu dengan remote control. Hal ini dilakukan agar prosesi wisuda UNDIP bisa tetap berlangsung dengan mematuhi protokol ketat pencegahan Covid-19.

Berita Lainnya