5 Fakta Menarik Inggris vs Denmark: Final Pertama Inggris di UEFA

Timnas Inggris. (Twitter/UEFA2020).
Thu, 08 Jul 2021

The Three Lions akhirnya bisa merasakan final UEFA Euro Championship untuk pertama kalinya. Berhasil mengalahkan Denmark 2-1, Inggris akan bertemu Italia di Wembley pada Sabtu (11/7/2021) waktu setempat.

Mental juara Inggris sempat diuji lewat gol indah Mikkel Damsgaard melalui tendangan bebas di menit 30. Tak dinyana, mental juara Inggris muncul di laga ini.

Inggris yang mencatat clean sheet selama turnamen, diragukan bisa bangkit setelah kebobolan lebih dahulu. Namun, umpan silang Buyako Saka memaksa Simon Kjaer memasukkan bola ke gawangnya sendiri.

Pertandingan yang dipaksa diperpanjang ke babak tambahan, akhirnya berakhir dengan kemenangan tuan rumah. Gol Harry Kane mengubah skor jadi 2-1 dan memupus asa Kasper Schmeichel mengulang prestasi sang ayah, Peter Schmeichel, di Euro 1992.

Terdapat sejumlah fakta menarik dari laga Inggris vs Denmark. Berikut rangkuman 5 di antaranya.

5 Fakta Menarik Inggris vs Denmark

1. Inggris menginjakkan kaki di final turnamen besar pertama mereka dalam 55 tahun, sejak memenangkan Piala Dunia 1966 di kandang sendiri. Ini adalah jarak terpanjang antara penampilan terakhir untuk negara Eropa mana pun dalam sejarah dua kompetisi.

2. Inggris telah mencapai final UEFA Euro Championships pertama mereka, dengan kemenangan malam ini melawan Denmark pada pertandingan ke-37 mereka di kompetisi tersebut.

3. Inggris telah memenangkan 14 dari 16 pertandingan terakhir mereka di Stadion Wembley di semua kompetisi (D1 L1), mencetak 44 gol dan hanya kebobolan empat. Namun, satu kekalahan mereka dalam perjalanan ini memang datang di tangan Denmark (0-1 pada Oktober 2020).

4. Jordan Pickford telah membuat rekor baru untuk penjaga gawang Inggris dengan menit tanpa kebobolan terbanyak, menyalip 720 menit yang dibuat Gordon Banks antara Mei-Juli 1966.

5. Harry Kane sekarang adalah pencetak gol terbanyak bersama Inggris di turnamen besar (EURO/Piala Dunia), sejajar dengan Gary Lineker dengan 10 gol.

Berita Lainnya