Dokumenter Netflix "FIFA Uncovered" Bakal Kupas Tuntas Kebobrokan FIFA

Speak Bola bukan untuk dinodai

Image Caption
Thu, 27 Oct 2022


Netflix baru saja merilis trailer dari tayangan dokumenter terbaru mereka mengenai dunia sepak bola yang berjudul “FIFA Uncovered”. Tayangan dokumenter ini akan menelusuri warisan organisasi dan perebutan kekuasaan, serta politik di balik banyak kejadian di dunia sepak bola.

Pada tampilan sampul dari tayangan ini di Netflix juga tertulis kalimat penjelasan dari isi tayangan ini nantinya, yang berbunyi, “Dari perebutan kekuasaan hingga politik global, penyelidikan terhadap FIFA menguak sejarah kelam organisasi ini dan syarat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.”

Trailer dari “FIFA Uncovered” ini baru saja dirilis oleh Netflix pada hari Selasa, 25 Oktober 2022 kemarin.

Melalui trailer, terlihat tayangan ini menjanjikan penelusuran mendalam mengenai hal-hal janggal dan tindak kriminal yang terjadi di dunia sepak bola yang dilakukan oleh para pengurus FIFA dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. 

Dalam trailer juga menyebutkan bahwa menjadi anggota FIFA sama seperti “berada di taman rahasia” dan badan dari pengatur permainannya seperti “organisasi kriminal”. 

Dokumenter ini akan mengupas adanya permasalahan seperti korupsi, trailer juga menyebutkan pencucian uang, pemerasan, penghindaran pajak, dan yang lainnya.  


FIFA sendiri merupakan Federasi Sepak Bola Internasional merupakan badan internasional yang mengelola dan mengatur jalannya dunia sepak bola di seluruh dunia. Bermarkas di Zurich, FIFA membawahi lebih dari 200 anggota asosiasi sepak bola di seluruh dunia. Selama lebih dari 100 tahun berdiri, FIFA yang menolak adanya pencampuran isu politik ke dalam dunia sepak bola justru beberapa kali terjebak dengan pernyataannya sendiri.

FIFA sempat beberapa kali dinilai terlalu mencampuri urusan politik dengan dunia sepak bola yang mereka kelola. Pada tahun 1970 lalu, FIFA dinilai mendukung Israel dengan tetap menerima Israel sebagai peserta dari Piala Dunia di edisi itu. Padahal, pada saat itu Israel sedang “bermusuhan” dengan negara-negara persatuan Arab seperti Mesir dan Sudan. 

Tayangan dokumenter ini akan mulai bisa disaksikan di Netflix pada 9 November 2022 mendatang, beberapa hari sebelum pelaksanaan pesta sepak bola terbesar di seluruh dunia, Piala Dunia Qatar. Hal ini akan menjadi sangat menarik lantaran banyaknya isu dan kabar tidak enak yang beredar mengenai Piala Dunia Qatar ini. 

Berita Lainnya