Euro 2020: Kuipers dari Belanda Menjadi Wasit Final Hari Minggu

Wasit yang memimpin final Euro 2020. (UEFA.com).
Fri, 09 Jul 2021

Komite Wasit UEFA telah mengumumkan bahwa Björn Kuipers dari Belanda akan menjadi wasit final UEFA EURO 2020 antara Italia dan Inggris. Laga final akan dimainkan pada hari Minggu 11 Juli pukul 20:00 waktu setempat (02.00 WIB) di Stadion Wembley di London.

Lahir di Oldenzaal dekat perbatasan dengan Jerman, Kuipers memiliki dan menjalankan supermarket dan salon rambut dengan istrinya, Marlies. Ia adalah pemilik waralaba toko Jumbo, jaringan supermarket yang beroperasi di seluruh Belanda dan Belgia.

Selain itu, Kakek wasit asal Belanda ini, Andries van Leeuwen, juga seorang wasit. Kakeknya adlaah wasit yang memimpin final Piala Winners tahun 1963 antara Tottenham Hotspurs dan Atletico Madrid.

Ia melakukan debut wasit profesionalnya pada tahun 2002. Wasit berusia 48 tahun itu diangkat ke Eredivisie tiga tahun kemudian dan memimpin 20 pertandingan papan atas musim lalu.

Di kompetisi UEFA Euro Putra, ia menjadi wasit asal Belanda pertama yang akan memimpin laga final. Kuipers yang telah menjadi wasit internasional sejak 2006, akan memimpin laga final ketujuhnya di kompetisi UEFA.

Menariknya, Kuipers adalah wasit untuk pertandingan penyisihan grup Piala Dunia 2014 Inggris dan Italia di Brasil. Laga tersebut berakhir dengan skor 2-1 untuk Gli Azzurri.

Sementara di Euro 2020, Kuipers telah memimpin 2 laga grup antara Denmark dan Belgia, serta Spanyol dan Slowakia. Di fase gugur, ia sempat memimpin laga perempat final antara Denmark dan Republik Ceska.

Mewarisi passion sebagai wasit dari sang kakek, Bjorn Kuipers pernah memimpin 7 laga final kompetisi UEFA, antara lain:

- 2018 UEFA Europa League antara Marseille dan Atlético Madrid

- 2014 UEFA Champions League antara Real Madrid dan Atlético Madrid

- 2013 UEFA Europa League antara Benfica dan Chelsea

- 2011 UEFA Super Cup antara Barcelona and Porto

- 2009 UEFA Under-21 European Championship antara Jerman dan Inggris

- 2006 UEFA European Under-17 Championship antara Republik Ceska dan Rusia

Berita Lainnya