Euro 2020: Sepak Bola, Akankah Pergi ke "Home" atau ke "Rome"?

Italia vs Inggris. (Twitter/Euro2020).
Sun, 11 Jul 2021

Jargon "Football is coming home" selalu menghiasi langkah Inggris di turnamen besar, tak terkecuali di Euro 2020. Jengah akan kelakuan fans Inggris, fans Italia membuat jargon baru, "Football is coming Rome".

Penentuan jargon siapa yang benar akan ditentukan di Stadion Wembley, London. Final Euro 2020 antara Italia dan Inggris akan digelar pada hari Minggu (11/7/2021) waktu setempat.

Setelah semifinal penuh drama, kini sudah tiba pada laga penentuan. Akankah Italia membawa pulang trofi Kejuaraan Eropa kedua mereka, atau justru tuan rumah yang membawa trofi pertama mereka.

Italia yang belum terkalahkan di 32 laga terakhir, tentu ingin menambah rekor mereka. Pecahnya rekor tidak terkalahkan Gli Azzurri, tentu akan lebih manis dengan raihan trofi.

Namun, Inggris bukan lawan yang mudah. Selain baru kebobolan 1 gol dari 6 pertandingan, Three Lions akan bermain di kandang.

Tak dapat dipungkiri, performa baik Harry Kane dkk adalah efek magis Stadion Wembley. Tak hanya itu, pemain Inggris cenderung lebih baik dari segi fisik.

Terbukti dari tidak adanya pemain yang bermasalah dengan fisiknya setelah pertandingan semifinal. Sementara Roberto Mancini harus pusing karena selain kehilangan Leonardo Spinazzola, Federico Chiesa dikabarkan bermasalah dengan kebugaran fisik.

Akan tetapi, Italia adalah tim dengan teknik yang baik. Selalu menguasai bola dan tampil menekan, Italia tahu cara memanfaatkan tekanan lawan.

Terlihat dari laga semifinal lalu. Gli Azzurri dapat meloloskan diri dari tekanan dan penguasaan bola Spanyol, bahkan bisa unggul lebih dulu.

Dari rekor pertemuan, Italia lebih diunggulkan dengan 3 kali menang dan sekali imbang. Namun, Inggris telah berkembang dari gelaran Piala Dunia di 2018 lalu.

Laga final akan berjalan ketat, dan diperkirakan kedua tim akan saling keluar menyerang gawang lawan. Hasil imbang amat berpotensi mengakhiri 90 menit waktu normal.

Italia harus memenangkan laga di waktu normal. Karena jika pertandingan harus masuk ke adu penalti, aura magis Wembley bisa menguntungkan tuan rumah.

Berikut ini adalah jadwal lengkap EURO 2021, Senin (12/7/2021) beserta link live streaming:

Italia vs Inggris, 02:00 WIB

Link RCTI+

Link Mola

Berita Lainnya