Final Euro 2020: Kutukan Tuan Rumah yang Sulit Menang

Timnas Inggris. (Twitter/Euro2020).
Sun, 11 Jul 2021

Ketika Inggris mengalahkan Denmark di semifinal Euro 2020 pada Rabu malam, itu adalah momen penting dalam sejarah The Three Lions. Akhirnnya, mereka mencapai final Kejuaraan Eropa pertama mereka.

Dengan pertandingan melawan Italia di Stadion Wembley pada hari Minggu, mereka akan sekali lagi berusaha untuk membuang hantu masa lalu dengan mencapai prestasi langka: memenangkan final Kejuaraan Eropa di kandang sendiri.

Jika mereka melakukannya, mereka akan menyamai prestasi Prancis, Italia dan Spanyol, yang memenangkan turnamen di kandang masing-masing pada tahun 1984, 1968 dan 1964.

Namun, dalam dua contoh lain dari tim tuan rumah yang mencapai final, ceritanya benar-benar berbeda.

Pada tahun 2004, Lisbon menjadi tuan rumah final antara Portugal dan Yunani. Meskipun tim tuan rumah menampilkan pemain seperti Luis Figo, Deco, Ricardo Carvalho, Rui Costa dan Cristiano Ronaldo, mereka kalah 1-0 berkat sundulan Angelos Charisteas.

Dua belas tahun kemudian, Prancis mengalami nasib yang sama. Les Bleus menghadapi Portugal di Stade de France di final Euro 2016. Sementara Cristiano Ronaldo dipaksa keluar lapangan karena cedera di awal pertandingan, Eder membungkam penonton tuan rumah dengan tendangan luar biasa di perpanjangan waktu.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, tidak mengesampingkan kemungkinan untuk menyambut 90.000 penggemar ke Wembley pada hari Minggu. Hal ini tercermin dari 60.000 fans Three Lions hadir untuk semifinal.

Ini akan meningkatkan tingkat desibel lebih jauh, karena Inggris berupaya mengusir hantu yang telah menghantui mereka, dan kutukan negara tuan rumah masa lalu lainnya, dengan mengangkat Kejuaraan Eropa di kandang sendiri.

Berita Lainnya